EVALUASI PEMBELAJARAN KURIKULUM INTEGRATED PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • AHMAD HAFID ABDULLAH
  • A. GRUMMY WAILANDUW

Abstract

Abstrak

Revolusi industri 4.0 merupakan pengembangan dari otomasi komputer menjadi teknologi sensor, analisis data dan jaringan terintegrasi yang telah mengubah hidup dan tiap kerja manusia secara keseluruhan. Sesuai Inpres No. 9 Tahun 2016 perlu dilakukan revitalisasi SMK, salah satu tema yaitu dijalankan program penyelarasan kurikulum di sekolah kejuruan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui baik tidaknya pelaksanaan kurikulum integrated ditinjau dari sejauh mana penguasaan siswa dalam aspek kognitif pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan sesuai kurikulum integrated dan juga untuk mengetahui faktor menghambat dan pendukung pelaksanaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan campuran yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner, wawancara dan tes, dengan responden kuesioner dan wawancara meliputi wakil kepala sekolah dan guru otomotif, dan responden tes dari siswa kelas XII. Ketiga metode digunakan untuk saling melengkapi dan memperkuat data penelitian sehingga dapat menghasilkan data yang valid dan reliabel sesuai dengan kondisi di sekolah. Hasil penelitian dari kesesuaian pelaksanaan pembelajaran kurikulum integrated ditinjau dari sejauh mana penguasaan siswa dalam aspek kognitif pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan di SMKN 2 Surabaya diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 77,27% dengan keterangan tuntas. Adapun faktor pendukung implementasi pembelajaran kurikulum integrated antara lain sub variabel ruang kelas, bengkel, penerapan K3, materi dan peralatan (media pembelajaran), proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, kompetensi guru, jumlah dan kesesuaian SDM, penyelarasan kurikulum, PKL, dan transfer teknologi. Adapun faktor penghambat implementasi pembelajaran kurikulum integrated antara lain sub variabel peralatan dan media praktik, persiapan mengajar, waktu, motivasi guru untuk berinovasi, pendampingan, pelatihan guru, dan penyerapan kerja.

Kata Kunci: Evaluasi, Kurikulum Integrated, Faktor Keberhasilan.

Abstract

The 4.0 Industrial Revolution is the development of computer automation into sensor technology, an integrated data and network analysis that has changed lives and every human work as a whole. According to the presidential decree No. 9 year 2016 need to be done revitalization SMK, one of the theme is run curriculum alignment program in vocational schools. The purpose of this research is to know whether the implementation of the integrated curriculum is reviewed from the extent of the students mastery in the cognitive aspect of light vehicle machine maintenance as per the integrated curriculum and also to know the factors of inhibiting and supporting the implementation. The method used in this study is descriptive with a mixed approach i.e. quantitative and qualitative approaches. Data was collected using questionnaire techniques, interviews and tests, with questionnaire respondents and interviews including deputy Headmasters and automotive teachers, and test respondents from class XII students. All three methods are used to complement each other and strengthen the research data so as to produce valid and reliable data according to the conditions in the school. The result of the study of the suitability of integrated curriculum learning is reviewed from the extent to which students mastery of cognitive aspects in the subjects of light vehicle machines in SMKN 2 Surabaya obtained a classic percentage of the classification of 77.27% with complete information. The supporting factors for the implementation of integrated curriculum learning include sub-variables of classrooms, workshops, application of K3, materials and equipment (learning media), learning process, evaluation of learning, competency of teachers, number and suitability of human resources, curriculum alignment, PKL, and technology transfer. The inhibitory factor implementation of integrated curriculum learning include sub variables of equipment and media practices, preparation of teaching, time, motivation teachers to innovate, mentoring, teacher training, and absorption of work.

Keywords: Evaluation, Integrated Curriculum, Success Factors.

Published
2020-04-15
Section
Articles
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 76