Pengembangan Modul CNC Mach3 Turn Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar Siswa di Kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan SMK KRIAN 1 Sidoarjo

  • SLAMET ARDIANSAH
  • DJOKO SUWITO

Abstract

Proses pembelajaran CNC (Computer numerically controlled) di SMK Krian 1 Sidoarjo dirasa kurang efektif, karena kurangnya sarana prasarana untuk praktikum mesin CNC. Oleh karena itu perlu adanya sarana untuk menciptakan pembelajaran yang efektif. Pada saat ini masih belum ada modul untuk media pembelajaran CNC menggunakan aplikasi Mach3 Turn di SMK Krian 1 Sidoarjo. Maka dari itu perlu dikembangkan modul untuk membantu proses belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah Berhasil mengembangkan modul CNC mach3 turn yang telah teruji kelayakannya, Mengetahui tingkat kelayakan modul CNC mach3 turn, Mengetahui motivasi belajar siswa setelah mendapatkan pembelajaran CNC mach3 turn, Mengetahui hasil belajar siswa setelah mendapatkan pembelajaran CNC mach3 turn. Hasil penelitian didapatkan modul yang telah dikembangkan dengan tingkat kelayakan dari validasi materi memperoleh kriteria layak, validasi bahasa memperoleh kriteria sangat layak, validasi desain modul memperoleh kriteria layak. Rata-rata dari hasil pengamatan melalui angket motivasi belajar siswa memperoleh kriteria baik dengan perolehan nilai sebesar 75%. Nilai ketuntasan untuk hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan dari uji coba tahap pertama (Pre-test) dengan uji coba tahap kedua(Post-test) yaitu sebesar 47%.
Published
2020-07-02
Section
Articles
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 78