A PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING GUNA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR GAMBAR TEKNIK KELAS X TPM SMK NEGERI 1 NGANJUK

  • Bimo Saptoto Saptoto S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Yunus Yunus Yunus Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: penelitian tindakan kelas, reciprocal teaching, gambar teknik, aktivitas, hasil belajar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas didasari rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar siswa terhadap model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini antara lain (1) mengetahui aktivitas siswa pada pelajaran Gambar Teknik selama penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching, dan (2) mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pelajaran Gambar Teknik. Subyek penelitian peserta didik kelas X TPM SMK Negeri 1 Nganjuk tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 peserta didik. Variabel penelitian ini adalah aktivitas peserta didik, dan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi dan angket yang diaplikasikan dalam bentuk instrumen penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh dengan merefleksi siklus I dan II, menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching adanya peningkatan aktivitas kelompok peserta didik pada siklus I dengan rata-rata sebesar 58%, menjadi 80% pada Siklus II. Adanya peningkatan hasil belajar rata-rata peserta didik pada siklus I sebesar 75 menjadi 85 pada siklus II dan nilai siswa yang memenuhi KKM sebanyak 18 siswa pada siklus I meningkat menjadi 25 siswa pada siklus II, hanya 3 siswa yang belum memenuhi KKM. Simpulkan hasil penelitian bahwa pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik.

Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, reciprocal teaching, gambar teknik, aktivitas, hasil belajar.

Author Biographies

Bimo Saptoto Saptoto, S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

Mechanical Engineering

Yunus Yunus Yunus, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

Mechanical Engineering

References

Arikunto S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Basuki, Ismet dan Hariyanto. 2014. Assesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Casestudygo.blogspot.co.id?2011/05/meningkatkan-motivasi-dan-prestasi.html?m=1s
Dimyanti dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta dan departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamdani, 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hanafiah Nanang. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Mulyono, Anton. 2001. Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Natawijaya, Rohman. 2005. Aktivitas Belajar. Jakarta: Depdiknas.
Putra, S. R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DIVA Press.
Riduwan. 2010. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Riduwan. 2012. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Sardiyanti, Ria. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Terbalik (Reciptocal Teaching) Untuk Meningkatatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa (Penelitian Tindakan Kelas di MTs Daarul Hikmah Pamulang. http://repository.uinjkt.ac.id
Slameto. 2003. Teori Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung. Pustaka Setia.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2012. Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaiful, Sagala. 2008. Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Alfabeta.
Published
2020-11-21
Abstract Views: 291
PDF Downloads: 357