KAJIAN PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK TEKNIK OTOMOTIF

  • MUHAMMAD ARDIAN DWI SUKMA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Keywords: Model pembelajaran Two Stay Two Stray, Aktivitas, respon, hasil belajar, Kelebihan dan Kekurangan.

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara tertulis model pembelajaran Two Stay Two Stray, Aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar pada model pembelajaran Two Stay Two Stray, kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Metode penelitian menggunakan studi literatur dengan 5 tahapan, mengumpulkan literatur kemudian melakukan review terhadap istilah penting, mengumpulkan hasil ulasan penelitian relevan dari 5 artikel, menganalisis berdasarkan 5 artikel yang diperoleh dengan menyusun hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran. Model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray merupakan model pembelajaran dua tinggal dua tamu. Dua siswa tinggal akan menyajikan hasil diskusi kelompoknya kepada tamu, dua siswa bertamu berpencar mencari informasi ke kelompok lain. Setelah menyelesaikan tugasnya siswa kembali ke kelompok asal, mencocokan dan membahas hasil kerja yang sudah mereka tuntaskan. Dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray aktivitas siswa mendapatkan persentase sebesar 79%, hasil respon siswa memperoleh presentase 82%, Hasil belajar siswa memperoleh presentase 80% yang tuntas dari jumlah siswa didalam kelas. Model pembelajaran ini mengalami peningkatan. Siswa saling bekerjasama dalam mendiskusikan kesulitan materi yang diperoleh, bertanya kepada teman sebaya sesuai dengan kesulitan materi didapatkannya, sehingga siswa merasakan tanggung jawab  besar terhadap menyajikan hasil kerjanya kepada kelompok lain dan materi yang didapatkannya untuk disampaikan ke kelompok asalnya. Model pembelajaran ini membutuhkan waktu yang relatif lama untuk persiapan dan pelaksanaannya. Siswa cenderung masih lemah saat berkomunikasi diantaranya memaparkan hasil kerja kelompoknya kepada tamu dan menyajikan hasil kerjanya didapatkan saat bertamu.
Kata Kunci: Model pembelajaran Two Stay Two Stray, Aktivitas, respon, hasil belajar, Kelebihan dan Kekurangan.

References

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.
Herin, Patrisius Meon. 2017. Penerapan metode TSTS (TWO STAY TWO STRAY) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajarmelakukan perbaikan Engine berikut komponen-komponennya siswa kelas X jurusan teknik sepeda motor SMK Taman Siswa Nanggulan 2015/2016. Jurnal taman vokasi Vol. 5, No. 1, Juni 2017. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
http://irwan-duniapendidikan.blogspot.com/2016/08/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-twostaytwostray.
Isjoni.2013. Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Herin, Patrisius Neon. (2017). Penerapan Metode TS TS (TWO STAY TWO STRAY) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Melakukan Perbaikan Engine Berikut Komponen-Komponennya Siswa Kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Taman Siswa Nanggulan 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi Vol. 5 No. 1, Juni 2017 , 10-16.
Margaretha, Tiara. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TWO STAY TWO STRAY Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. JPTM. Volume 09 Nomor 01 Tahun 2019 , 17-22.
Nugroho, Bayu Dwi Suryo. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TWO STAY TWO STRAY Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Surabaya. JPTM. Volume 05 Nomor 02 Tahun 2016 , 56-61.
Pratama, Wahyu Jaka. (2017). Penerapan Pembelajaran TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif (PDO) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 1 Sidoarjao. JPTM. Volume 05 Nomor 03 Tahun 2017 , 54-59.
Risdianto, Rakmad. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode TWO STAY TWO STRAY Pada Materi Pokok Perbaikan Sistem Rem Kelas XI TKR 2 Di SMK Antartika Sidoarjo. JPTM. Volume 03 Nomor 01 Tahun 2014 , 50-55.
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Published
2020-12-17
Abstract Views: 321
PDF Downloads: 138