PENERAPAN APLIKASI FLUIDSIM-P UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN SISTEM PNEUMATIK PADA KELAS X TKRO DI SMKN 1 SARIREJO LAMONGAN

  • Muhammad Suudi Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Dwi Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Penerapan, Fluidsim-p, Sistem pneumatik

Abstract

Pengetahuan dan pemahaman siswa tentang konsep dan aplikasi mekanisme sistem pneumatik masih rendah dan tidak bisa tertanam secara kuat. Berdasarkan hasil observasi penulis pada tahun ajaran 2019/2020 kegiatan pembelajaran materi sistem pneumatik di SMKN 1 Sarirejo Lamongan  masih menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton  sehingga siswa kurang memahami aplikasi sistem pneumatik yang ada di dunia industri. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pada penelitian ini ingin dicoba menerapkan pembelajaran sistem pneumatik dengan memanfaatkan apliasi fluidsim-p. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas siswa,  menganalisis respon siswa, menganalisis ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sistem pneumatik dengan menerapkan aplikasi fluidsim-p. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif dimana peneliti ingin mendeskripsikan aktivitas siswa,  respon siswa dan ketuntasan belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran sistem pneumatik menggunakan aplikasi fluidsim-p. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) aktifitas siswa terhadap penerapan aplikasi fluidsim-p pada pokok bahasan sistem pneumatik termasuk dalam kategori sangat aktif dengan rata-rata aktifitas siswa yang relevan sebesar 96,3%; (2) mendapatkan respos positif dari siswa, hal ini ditunjukan dengan rata-rata persentase pada aspek-aspek yang dinilai sebesar 84,44% yang termasuk dalam kategori sangat baik, (3) memiliki dampak positif dalam hasil belajar siswa yang ditandai nilai rata-rata siswa sebesar 80,5 dan ketuntasan klasikan mencapai 90%.

References

Sari, Ni Ketut. 2009. Produksi Bioethanol dari Rumput Gajah Secara Kimia. Surabaya: UPN Veteran Jawa Timur.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Bineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2010). Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Ibrahim, Muslimin. (2001). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menurut Jerold E. Kemp dan Thiagarajan. Surabaya: Faculty of Mathematics and Science State University of Surabaya.
Munir. (2008). Kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Patient Peter, Pickup Roy, Powell Norman. 2007. Pengantar Ilmu Teknik Pneumatika. Jakarta: PT. Gramedia.
Pramono. 2008. Modul Pneumatik. Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang
Pribadi, Benny A. (2004). Ketersediaan dan Pemanfaatan Media dan Teknologi Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Artikel 1 of 3. Diambil pada tanggal 10 Juni 2020
Riduwan. (2002). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Sadiman, dkk. (2010). Media pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Published
2020-12-18
Abstract Views: 110
PDF Downloads: 100