PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PLAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK DI KELAS X PGRI 4 SURABAYA

  • Eko Setyo Budi Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Aini Susanti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan saat pembelajaran teknologi mekanik di kelas X TPM SMKP PGRI 4 SURABAYA. Pembelajaran yang dilakukan kurang aktif karena lebih banyak didominasi oleh guru sedangkan siswa cenderung pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran teknologi mekanik. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk mengubah siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran sangat tepat, sehingga siswa menjadi lebih aktif dan mudah memahami materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dalam analisis data bahwa hasil belajar meningkat dari rata-rata 72,3 dan ketuntasan kelas 48%  pada siklus I menjadi rata-rata 77,8 dan ketuntasan kelas 72% Pada siklus II dan meningkat dengan rata-rata 80,7 dan ketuntasan kelas 86% pada siklus III dan siswa merespon positif pembelajaran teknonogi mekanik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Hal ini terbukti dengan hasil respon siswa yang sangat positif dengan persentase 86%.

References

Abdullah, Sani Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Peserta didik. Yogyakarta: Deepublish.
Erniwati. (2015). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Sejarah Siswa Melalui Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Snowball Throwing di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pasaman. Jurnal Pendidikan Indonesia (Vol. 1, Nomor 1, Oktober 2015).
Fathurahman, Muhammad. (2017). Belajar & Pembelajaran Modern; Konsep Dasar, Inovasi dam Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.
Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Kurniasih, Imas & Berlin Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena.
Majid. Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosakarya.
Mulyasa. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ningrum, Epon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Praktis dan Contoh. Yogyakarta: Ombak.
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standard Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Prenada Media Group.
Uno, B. Hamzah dan Nurdin Mohamad. (2014).Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik.
Published
2020-12-18
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 80