Pengembangan Keaktifan Siswa SMK Melalui Metode Pembelajaran Example Non-Example

Indonesia

  • Rio Antoni Universitas Negeri Surabaya
  • Dewanto Dewanto Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Metode Example Non-Example, Keaktifan dan Hasil Belajar

Abstract

Dunia saat ini sedang memasuki era global dan abad ke-21 yang ditandai dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Khususnya perkembangan pada sektor pendidikan yang memiliki peran penting dalam mencapai tujuan pembangunan suatu bangsa. Kualitas pendidikan dapat dilihat dari proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah-sekolah. Namun proses pembelajaran yang diterapkan oleh sekolah-sekolah di Indonesia saat ini masih banyak yang berpusat pada guru. Kondisi tersebut bisa dilihat dari proses KBM yang masih konvensional yaitu banyak menggunakan model pembelajaran secara langsung dengan metode ceramah, semua itu dilaksanakan karena sarana prasarana belum dimanfaatkan seoptimal mungkin dan kurangnya penggunaan contoh, alat peraga dalam kegiatan belajar mengajar.  Hal tersebut membuat banyak siswa cenderung pasif atau kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga hasil belajarnya pun masih rendah. Salah satu upaya yang perlu dilakukan dalam mengembangkan keakifan siswa adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode Example Non-Example sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Tujuan dari artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui tingkat efektifitas dan kelebihan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode Example Non-Example dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam artikel ilmiah ini merupakan studi literatur dengan mereview jurnal nasional maupun internasional yang terkait dan relevan berdasarkan topik dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Teknik analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif dengan mengkompilasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode Example Non-Example dinilai sangat efektif dalam meningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Metode Example Non-Example, Keaktifan dan Hasil Belajar

References

Ardian, M. L. (2013). Penerapan Metode Examples dan Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran. Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/19167/

Ariyana, Yoki, dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dan Kebudayaan

Arsana, I. M., & Khoiriah, H. N. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM Pada Kompetensi Besaran & Satuan Di SMK Dharma Bahari Surabaya. JPTM, 6(2), 81–88. Retrieved from https://scholar.google.com/citations?hl=en&user=DE-0vAgAAAAJ

Arsana, I. M., & Rosihan, M. J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script (CS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi TDO Kelas X TKR2 Di SMK Negeri 1 Kalianget. JPTM, 06(03), 59–64. Retrieved from https://scholar.google.com/citations?hl=en&user=DE-0vAgAAAAJ

Dewanto, & Abidin, Z. (2018). Penerapan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Keaktifan, Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TSM Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Di SMKN 1 Labang Bangkalan. JPTM, 06(03), 34–40. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/23270

Dewanto, & Nesti, T. M. (2020). Pembekalan Keterampilan Abad 21 Siswa SMK Negeri 1 Kediri. JPTM, 09(03), 113–123. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/35671

Douglas, Y. A., & Karyoto. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non-Example dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Kelas X TGB SMK Negeri 1 Sidoarjo. JKPTB, 2(2), 213–222. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/18960/17312

Furqon, M. E. C. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pembuatan Perhiasan Materi Proses Pematrian Logam Melalui Model Pembelajaran Example Non Example. JPTM, 19(2), 99–104. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/24575

Hanafiah, & Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelejaran (2nd ed.). Bandung: PT. Refika Aditama.

Jacobs, G. (2004). Cooperative Learning : Theory, Principles, and Techniques. In Paper presented at the First International Online Conference on Second and Foreign Language Teaching and Research. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED573881

Kiranawati. (2007). Model Example Non-Example. Jakarta: Bumi Aksara.

Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non-Example Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar-dasar Pemesinan. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 98–106. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2866

Maradona. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Basic Education, 5(17), 619–628. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/2115

Putra, A. S. (2012). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Mekanik Dasar Kelistrikan Kelas X Di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37691

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesonalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Santyasa, I. W. (2018). Student Centered Learning : Alternatif Pembelajaran Inovatif Abad 21 untuk Menyiapkan Guru Profesional. Quantum, 25, 14. seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/347

Sukarman, S., Lisnani, L., & Inharjanto, A. (2019). Comparative Study of Learning Models Example Non-Example and Picture and Picture on Natural Science Subjects. Journal of Physics, 1157(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022006

Taslim, R. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non-Example Terhadap Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Jaringan Hewan Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pattalassang. UIN Alauddin Makassar. https://core.ac.uk/download/pdf/198224722.pdf

Trilling, B., & Hood, P. (1999). Learning, Technology, and Education Reform in the Knowledge Age. Educational Technlogy Publication, Inc., 39(3), 5–18. https://www.jstor.org/stable/44428527?seq=1

Yonatan, E., & Triyono, M. B. (2016). Implementasi Model Example Non-Example Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Teknologi Mekanik Kelas X Di SMK Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 04(01), 7–12. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/mesin/article/view/1473

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan (2nd ed.). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=iIV8zwHnGo0C&oi=fnd&pg=PA1&dq=Metode+Penelitian+Kepustakaan&ots=neml0O-5Wk&sig=k04KRzw78DrUB2P3m6Bfk9bYhr8&redir_esc=y#v=onepage&q=Metode Penelitian Kepustakaan&f=false
Published
2020-12-28
Abstract Views: 458
PDF Downloads: 223