Pengembangan Keaktifan Siswa SMK Melalui Metode Pembelajaran Example Non-Example

Indonesia

Authors

  • Rio Antoni Universitas Negeri Surabaya
  • Dewanto Dewanto Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Metode Example Non-Example, Keaktifan dan Hasil Belajar

Abstract

Dunia saat ini sedang memasuki era global dan abad ke-21 yang ditandai dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Khususnya perkembangan pada sektor pendidikan yang memiliki peran penting dalam mencapai tujuan pembangunan suatu bangsa. Kualitas pendidikan dapat dilihat dari proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah-sekolah. Namun proses pembelajaran yang diterapkan oleh sekolah-sekolah di Indonesia saat ini masih banyak yang berpusat pada guru. Kondisi tersebut bisa dilihat dari proses KBM yang masih konvensional yaitu banyak menggunakan model pembelajaran secara langsung dengan metode ceramah, semua itu dilaksanakan karena sarana prasarana belum dimanfaatkan seoptimal mungkin dan kurangnya penggunaan contoh, alat peraga dalam kegiatan belajar mengajar.  Hal tersebut membuat banyak siswa cenderung pasif atau kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga hasil belajarnya pun masih rendah. Salah satu upaya yang perlu dilakukan dalam mengembangkan keakifan siswa adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode Example Non-Example sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Tujuan dari artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui tingkat efektifitas dan kelebihan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode Example Non-Example dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam artikel ilmiah ini merupakan studi literatur dengan mereview jurnal nasional maupun internasional yang terkait dan relevan berdasarkan topik dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Teknik analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif dengan mengkompilasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode Example Non-Example dinilai sangat efektif dalam meningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Metode Example Non-Example, Keaktifan dan Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-28
Abstract views: 493 , PDF Downloads: 233