KAJIAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PADA BIDANG TEKNIK

  • Abri Denny Noya Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Aini Susanti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Peningkatan Hasil Belajar, Journal

Abstract

Abstrak

Model pembelajaran di abad 21 ini mengalami perkembangan yang pesat. Guru tidak hanya berperan dalam pemberi informasi, namun lebih pada menumbuhkan perkembangan potensi siswa. Dalam konteks pembelajaran, siswa didorong untuk berperan aktif belajar banyak hal, utamanya memecahkan masalah dan pembuat keputusan. Artikel ini ditujukan untuk mengkaji kelayakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM); keefektifan  PBM diterapakan dalam pembelajaran teknik; mendiskripsikan kelebihan-kelemahan PBM dibanding model lain dalam bidang teknik. Melalui kajian literatur dan jurnal penelitian yang relevan, disimpulkan bahwa  model PBM layak digunakan (Ario, 2016; Hendryawan, 2017; Dewi dan Riandi, 2016; Salam et.al., 2009). Model PBM dapat diterapkan pada beberapa pelajaran tertentu (Amcasari, 2016; Alfian  dan Suwito, 2019; Jayadiningrat dan Ati, 2018; Indarwati, dkk, 2014; Nurtanto dan Sofyan, 2015). PBM dapat diterapkan dengan efektif pada setiap pembelajaran dan dinilai lebih baik dibandingkan model konvensional (Nasir, 2016; Jusmawati dkk., 2016; Agustin dkk., 2018; Ainin, 2017). PBM memiliki beberapa keunggulan, yaitu adanya peningkatan hasil belajar ranah kognitif dan motivasi (Rahayu, 2015; Farhan dan Retnawati, 2014; Nurafifah dkk, 2013; Putri dan Prihatnani, 2020; Mills dan Treagust, 2003).

Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Peningkatan Hasil Belajar, Journal

References

Agustin, S., Fadiawati, N., dan Diawati, C. (2018). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran Limbah Pemutih Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(2), 1–12. ri: %09http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/10483
2. Ainin, M. (2017). Efektifitas Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Pembelajaran Matakuliah Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Pengajarannya, 45(2), 197–207. https://doi.org/10.17977/um015v45i22017p197
3. Alfian, M. H., dan Suwito, D. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR 2 SMKK ST . LOUIS SURABAYA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK Mohamad Hilda Alfian Djoko Suwito. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8(3), 111–116. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin
4. Amcasari, N. A. T., Rauf, B. A., dan Rais, M. (2016). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMK NEGERI 6 TAKALAR. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 2, 70–76. https://ojs.unm.ac.id/ptp/article/view/5155
5. Ario, M. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. jurnal Ilmiah Edu Research, 5(2), 125–134. https://e-journal.upp.ac.id/index.php/EDU/article/view/1208
6. Dewi, N., dan Riandi, R. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kompleks Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping. Edusains, 8(1), 98–107. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1805
7. Farhan, M., dan Retnawati, H. (2014). Keefektifan Pbl Dan Ibl Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, Dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678
8. Fatimah, N., Gunawan, G., dan Wahyudi, W. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Kelas XI SMKN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 183. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.423
9. Ghufron, M. A., dan Ermawati, S. (2018). The strengths and weaknesses of cooperative learning and problem-based learning in EFL writing class: Teachers and students’ perspectives. International Journal of Instruction, 11(4), 657–672. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11441a
10. Hendryawan, S., Yusuf, Y., Wachyar, T. Y., Siregar, I., dan Dwiyanti, W. (2017). Siswa Smp Tingkat Rendah Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Green ’ S Motivational. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 50–58. http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/1744
11. Indarwati, D., Wahyudi, W., dan Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p17-27
12. Jayadiningrat, M. G., dan Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i1.14133
13. Jusmawati, Upu, H., dan Darwis, M. (2015). Efektivitas Penerapan Model Berbasis Masalah Setting Kooperatif Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas X Sma Negeri 11 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 30. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1314
14. Mills, J. E., dan Treagust, D. (2003). of Engineering of Engineering. Australasian Journal of Engineering Education, 04(June 2014), 1963. https://www.researchgate.net/publication/238670687%0D
15. Nasir, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pelajaran Matematika. Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 1–19. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/381
16. Nurafifah, F., Nurlaelah, E., dan Sispiyati, R. (2013). Perbandingan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Antara Yang Memperoleh Pembelajaran Means-Ends Analysis (Mea) Dan Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 18(1), 1. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v18i1.205
17. Nurtanto, M., dan Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, Dan Afektif Siswa Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352–364. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6489
18. Phungsuk, R., Viriyavejakul, C., dan Ratanaolarn, T. (2017). Development of a problem-based learning model via a virtual learning environment. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 297–306. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2017.01.001
19. Purnama, Y. A., Mukhadis, A., dan Nauri, I. M. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Teknologi Motor. JURNAL TEKNIK MESIN, 24(1), 1–15. http://journal2.um.ac.id/index.php/jurnal-teknik-mesin/article/view/522
20. Putri, Y. E., dan Prihatnani, E. (2020). Perbandingan PBL Dan DL Terhadap Pemahaman Konseptual Siswa Kelas XI Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40–52. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.154
21. Rahayu, P. I. (2015). MENGGUNAKAN PBL DAN DISCOVERY LEARNING ( Artikel ) Oleh : Puspita Indah Rahayu FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unila , indahpuspita290@gmail.com Dosen Pendidikan Fisika FKIP Unila.
22. Salam, A., Mohamad, N., Siraj, H. H. H., Latif, A. A., Soelaiman, I. N., Omar, B. H., Ngah, W. Z. W., dan Moktar, N. (2009). Challenges of Problem Based Learning. South East Asian Journal of Medical Education, 3(2), 54–60. https://www.researchgate.net/publication/261107839_Challenges_of_Problem_Based_Learning
23. Sanjaya, W. (2013). St
Published
2021-03-01
Section
Pendidikan Teknik Mesin