KAJIAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PADA BIDANG TEKNIK
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Peningkatan Hasil Belajar, JournalAbstract
Abstrak
Model pembelajaran di abad 21 ini mengalami perkembangan yang pesat. Guru tidak hanya berperan dalam pemberi informasi, namun lebih pada menumbuhkan perkembangan potensi siswa. Dalam konteks pembelajaran, siswa didorong untuk berperan aktif belajar banyak hal, utamanya memecahkan masalah dan pembuat keputusan. Artikel ini ditujukan untuk mengkaji kelayakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM); keefektifan PBM diterapakan dalam pembelajaran teknik; mendiskripsikan kelebihan-kelemahan PBM dibanding model lain dalam bidang teknik. Melalui kajian literatur dan jurnal penelitian yang relevan, disimpulkan bahwa model PBM layak digunakan (Ario, 2016; Hendryawan, 2017; Dewi dan Riandi, 2016; Salam et.al., 2009). Model PBM dapat diterapkan pada beberapa pelajaran tertentu (Amcasari, 2016; Alfian dan Suwito, 2019; Jayadiningrat dan Ati, 2018; Indarwati, dkk, 2014; Nurtanto dan Sofyan, 2015). PBM dapat diterapkan dengan efektif pada setiap pembelajaran dan dinilai lebih baik dibandingkan model konvensional (Nasir, 2016; Jusmawati dkk., 2016; Agustin dkk., 2018; Ainin, 2017). PBM memiliki beberapa keunggulan, yaitu adanya peningkatan hasil belajar ranah kognitif dan motivasi (Rahayu, 2015; Farhan dan Retnawati, 2014; Nurafifah dkk, 2013; Putri dan Prihatnani, 2020; Mills dan Treagust, 2003).
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Peningkatan Hasil Belajar, Journal
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

