PENGEMBANGAN MODUL PEMROGRAMAN PLC FESTO CPX-GE-EV-S UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH INSTRUMEN DAN KENDALI DI JURUSAN TEKNIK MESIN UNESA
Abstract
Adanya fasilitas trainer baru berupa PLC FESTO CPX-GE-EV-S, namun belum tersedianya modul atau
panduan praktikum yang menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam melakukan praktik simulasi dengan
trainer PLC FESTO CPX-GE-EV-S. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan modul pemrograman
PLC FESTO CPX-GE-EV-S yang layak serta mengetahui respon dosen dan mahasiswa terhadap modul
yang dikembangkan. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE, terdiri dari 5 tahap yaitu:
Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), dan
Evaluasi (Evaluation). Hasil dari penilaian seluruh dosen ahli materi sebesar 3,79, ahli desain 3,66 dan
ahli bahasa sebesar 3,48. Bila dirata-rata memperoleh nilai 3,64, termasuk sangat layak. Respon dosen
dan mahasiswa terhadap penggunaan modul dilihat dari segi tampilan, aspek penyajian dan manfaat. Dari
rata-rata respon dosen mendapat nilai 3,5, dan respon mahasiswa sebesar 3,68, termasuk kedalam kategori
sangat baik. dapat disimpulkan bahwa modul pemrograman PLC FESTO CPX-GE-EV-S dapat digunakan
sebagai bahan ajar untuk menunjang mata kuliah Instrumen dan Kendali.
References
“Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis
Aplikasi Solidworks Pada Mata Kuliah CAD
Dijurusan Teknik Mesin Universitas Negeri
Surabaya”. JPTM, Vol. 08 (03): hal. 59-64.
2. Putro, Jefri Nokiawanto Suyono & Agung. 2017.
“Pengembangan Modul Ajar Dengan Pokok
Bahasan Cara Kerja Berbagai Jenis Sensor Dan
Aplikasinya Pada Mata Kuliah Instrumentasi
Dan Kendali”. JPTM, Vol. 05 (03): hal. 3337.
3. Sugiarto, Agus & Grummy. 2013. “Pembuatan Modul
Praktikum Sistem Central Lock Alarm Pada
Praktik Kelistrikan Otomotif Jurusan
Pendidikan Teknik Mesin Unesa”. JPTM, Vol.
02 (02): hal. 27-36.
4. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan
Research and Development. Bandung: Alfabeta.
5. Sujanto, Agus. 2014. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi
Aksara.
6. Suryosubroto, B. 1983. Sistem Pengajaran dengan
Modul. Jakarta: Bima Aksara.
7. Umaroh, Susi Tri & Warju. 2019. “Pengembangan
Modul Smoke Opacity Meter Tecnomotor Tipe
G-820 Untuk Menunjang Mata Kuliah Analisa
Performa Mesin Pada Mahasiswa S1
Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA”. JPTM,
Vol. 08 (02): hal. 111-122.
8. Widhikdho, Ade Priyo & Wahyu. 2018. “Pengembangan
Modul Ajar Perencanaan Elemen Mesin Pokok
Bahasan Perhitungan Daya Dan Pemilihan
Motor Penggerak Pada Mata Kuliah Teknik
Merancang”. JPTM, Vol. 07 (03): hal. 08-14.
9. Widyoko, Eko Putro. 2015. Evaluasi Program
Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
PDF Downloads: 86