PENGEMBANGAN MODUL PEMROGRAMAN PLC FESTO CPX-GE-EV-S UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH INSTRUMEN DAN KENDALI DI JURUSAN TEKNIK MESIN UNESA

  • steven yoga pratama universitas negeri surabaya
  • wahyu dwi kurniawan
Keywords: Pengembangan Modul, PLC FESTO, ADDIE

Abstract

Adanya fasilitas trainer baru berupa PLC FESTO CPX-GE-EV-S, namun belum tersedianya modul atau
panduan praktikum yang menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam melakukan praktik simulasi dengan
trainer PLC FESTO CPX-GE-EV-S. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan modul pemrograman
PLC FESTO CPX-GE-EV-S yang layak serta mengetahui respon dosen dan mahasiswa terhadap modul
yang dikembangkan. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE, terdiri dari 5 tahap yaitu:
Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), dan
Evaluasi (Evaluation). Hasil dari penilaian seluruh dosen ahli materi sebesar 3,79, ahli desain 3,66 dan
ahli bahasa sebesar 3,48. Bila dirata-rata memperoleh nilai 3,64, termasuk sangat layak. Respon dosen
dan mahasiswa terhadap penggunaan modul dilihat dari segi tampilan, aspek penyajian dan manfaat. Dari
rata-rata respon dosen mendapat nilai 3,5, dan respon mahasiswa sebesar 3,68, termasuk kedalam kategori
sangat baik. dapat disimpulkan bahwa modul pemrograman PLC FESTO CPX-GE-EV-S dapat digunakan
sebagai bahan ajar untuk menunjang mata kuliah Instrumen dan Kendali.

References

1. Fauzi, Tsalis Ahmad & Soeryanto. 2019.
“Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis
Aplikasi Solidworks Pada Mata Kuliah CAD
Dijurusan Teknik Mesin Universitas Negeri
Surabaya”. JPTM, Vol. 08 (03): hal. 59-64.
2. Putro, Jefri Nokiawanto Suyono & Agung. 2017.
“Pengembangan Modul Ajar Dengan Pokok
Bahasan Cara Kerja Berbagai Jenis Sensor Dan
Aplikasinya Pada Mata Kuliah Instrumentasi
Dan Kendali”. JPTM, Vol. 05 (03): hal. 3337.
3. Sugiarto, Agus & Grummy. 2013. “Pembuatan Modul
Praktikum Sistem Central Lock Alarm Pada
Praktik Kelistrikan Otomotif Jurusan
Pendidikan Teknik Mesin Unesa”. JPTM, Vol.
02 (02): hal. 27-36.
4. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan
Research and Development. Bandung: Alfabeta.
5. Sujanto, Agus. 2014. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi
Aksara.
6. Suryosubroto, B. 1983. Sistem Pengajaran dengan
Modul. Jakarta: Bima Aksara.
7. Umaroh, Susi Tri & Warju. 2019. “Pengembangan
Modul Smoke Opacity Meter Tecnomotor Tipe
G-820 Untuk Menunjang Mata Kuliah Analisa
Performa Mesin Pada Mahasiswa S1
Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA”. JPTM,
Vol. 08 (02): hal. 111-122.
8. Widhikdho, Ade Priyo & Wahyu. 2018. “Pengembangan
Modul Ajar Perencanaan Elemen Mesin Pokok
Bahasan Perhitungan Daya Dan Pemilihan
Motor Penggerak Pada Mata Kuliah Teknik
Merancang”. JPTM, Vol. 07 (03): hal. 08-14.
9. Widyoko, Eko Putro. 2015. Evaluasi Program
Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Published
2021-03-22
Section
Pendidikan Teknik Mesin