STUDI LITERATUR PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • Ferdian Jaya Prakasa Universitas Negeri Surabaya
  • Soeryanto Soeryanto Universitas Negeri Surabaya
Keywords: pembelajaran kooperatif, metode jigsaw, respon dan hasil belajar

Abstract

Abstrak

Mata pelajaran dasar di SMK merupakan mata pelajaran yang berisi tentang teori ilmu dasar mesin, maka diperlukan perlakuan dan metode yang menarik untuk menumbuhkan semangat belajar dan keaktifan siswa guna mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga perlu adanya model pembelajaran yang mampu meningkatkan peran siswa yang dapat aktif dalam pembelajaran agar siswa tidak merasa jenuh dan mampu mengikuti materi pelajaran dengan baik. Artikel ini bertujuan (1) mengkaji penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berdasarkan efektifitas hasil belajar (2) mengkaji respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw diterapkan dengan beberapa siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Pada mata pelajaran dasar di SMK menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mampu meningkatkan 85% rata-rata hasil belajar siswa SMK dibandingkan dengan metode klasikal. Pada pembelajaran dasar di SMK  menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mampu meningkatkan 85% rata-rata respon positif siswa SMK saat mengikuti pembelajaran dibandingkan dengan metode klasikal. Sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat diterapkan di mata pelajaran dasar di SMK.

 

Kata Kunci : pembelajaran kooperatif, metode jigsaw, respon dan hasil belajar.

References

1. Amin, Hasan 2020. Penulisan karya ilmiah. Peningkatan Kompetensi Siswa Kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik Pada Mata Pelajaran Perbaikan Peralatan Listrik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di SMK Negeri 2 Palopo. Palopo: Universitas Cokrominoto.
2. Amri, Sofan. 2013. Model Pembelajaran Tipe Jigsaw. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.
3. Anisah, Siti 2017. Penulisan karya ilmiah. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Informasi Persediaan Barang Kelas XI Akutansi 1 Di SMK Negeri 10 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
4. Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Tipe Jigsaw. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
5. Azmin, Nur Hafizah 2015. Penulisan karya ilmiah. Effect Of The Jigsaw-Based Cooperative Learning Method On Student Performance In The General Certificate Of Education Advanced-Level Psychology: An Exploratory Brunei Case Study. Brunei Darussalam - Banndar Seri Begawan : PTE Meragang Sixth Form Center.
6. Dhage, J. R., M. S. Patil A. B. Pawar 2017. Implementation And Feedback Analysis Of Jigsaw Active Learning Method. Journal Of Engineering Education Transformations.
7. Ibrahim, Muslimin. 2000. Model Pembelajaran Tipe Jigsaw. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Press.
8. Kusuma, Aris Candra. 2016. Penulisan karya ilmiah. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Dengan Materi Sistem Pendingin Mesin Kelas XI TKR Di Smkn 1 Sidoarjo. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
9. Muhanif 2017. Penulisan karya ilmiah. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknoologi Mekanik Kelas X TPM SMK Negeri 5 Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
10. Nadzir, Muhammad 2016. Penulisan karya ilmiah. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Respon Siswa Pada Materi Sistem Rem Kelas XI TKR 1 SMK Raden Patah Mojokerto. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
11. Putra, Indra Mandala, dkk 2021. Penulisan karya ilmiah. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bangkinang. Padang: Universitas Negeri Padang.
12. Yu, Ann Tit Wan 2017. Using Jigsaw Method To Enhance The Learning Of Research And Consultancy Techniques For Postgraduate Students. Hong Kong: The Hongkong Polytechnic University
13. Yuastika, Made 2017. Penulisan karya ilmiah. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan, Hasil Belajar Dan Respon Siswa. Bali: IKIP PGRI Bali.
Published
2021-07-16
Section
Pendidikan Teknik Mesin