PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CONSTRUCT 2 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • Muhammad Faiq Universitas Negeri Surabaya
  • Diah Wulandari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa sebelum diberi perlakuan (treatment) dengan siswa sesudah diberi perlakuan (treatment) pada saat sebelum dilakukan posttest. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah media pembelajaran yang digunakan oleh guru di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain yang digunakan adalah true experimental design dalam bentuk pretest-posttest control grup. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 3 kelas X TPM dengan jumlah 108 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling, sampel pada penelitian berjumlah 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa untuk kelas eksperimen dan 36 siswa untuk kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 80 untuk nilai kelas eksperimen, dan 75,56 untuk nilai kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan tersebut didapatkan nilai thitung= 2,304 sedangkan nilai ttabel= 1,994. Sehingga jika dimasukkan kedalam rumus hipotesis thitung > ttabel, maka diperoleh Ha diterima Ho ditolak . Serta hasil penilaian uji kelayakan menurut para ahli media pembelajaran ditinjau dari aspek materi, media, bahasa, latihan soal, soal pretest, dan soal posttest. Hasil rata-rata penilaian kelayakan media pembelajaran construct 2 sebesar 3,81 yang persentasinya 95,5% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hal tersebut, maka media pembelajaran construct 2 alat ukur mekanik presisi dalam penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan layak digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran dalam kegiatan proses pembelajaran pekerjaan dasar teknik mesin.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Construct 2, Hasil Belajar.

References

1. Fatah, Yasin. 2008. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: Malang Press.

2. Almuqsithu, Asy Syahiidu dan I Made Arsana. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair And Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran TDO Kelas X Di SMK Dharma Bahari Surabaya. Jurnal UNESA JPTM. Volume 06 Nomor 01.
3. Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

4. Djaali dan Muljono, Pudji. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

5. Karinaningsih. (2010). Studi Komparasi Pembelajaran TIK dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Structure (NHTS) dan Model Pembelajaran AIR untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Bandung : Jurnal Pendidikan Ilmu Komputer UPI.
6. Latif, Hilman dan dkk. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 14, No. 1. Retrieved from http://ejournal.upi.edu

7. Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

8. Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta:Pustaka Belajar.

9. Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Aflabeta.

10. Rosyadi, Alwan dan I Made Arsana. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran AC Mobil Siswa Kelas XI TKR Di SMKN 1 Arosbaya Bangkalan. Jurnal UNESA JPTM. Volume 08 Nomor 03.

11. Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses/Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

12. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-07-26
Section
Pendidikan Teknik Mesin