PELUANG MENURUNNYA CAPAIAN HASIL BELAJAR (LEARNING LOSS) DAN ALTERNATIF SOLUSINYA: KAJIAN KASUS PEMBELAJARAN ONLINE DI ERA PANDEMI COVID-19 DI JURUSAN TEKNIK MESIN UNESA

Authors

  • Dimas Ruri Assiddiqi Universitas Negeri Surabaya
  • Soeryanto Soeryanto Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

COVID-19, PEMBELAJARAN ONLINE, HASIL BELAJAR, LEARNING LOSS

Abstract

Abstrak

Corona virus diseases 2019 (Covid-19) merupakan wabah yang sedang menjangkiti seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia. Tingginya kasus ini berdampak pada semua bidang termasuk bidang pendidikan yang terpaksa melaksanakan pembelajaran secara online untuk mengurangi penyebaran covid-19 di Indonesia. Tujuan dari penulisan ini untuk mengkaji dampak pandemi Covid-19 terhadap kehilangan kesempatan pembelajaran tatap muka dan peluang menurunnya capaian hasil belajar (Learning Loss) pada mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UNESA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur yang melibatkan 14 responden yang terdiri dari 5 dosen dan 9 mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNESA dibantu dengan berbagai tinjauan literatur yang sudah ada sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran online di Jurusan Teknik Mesin UNESA berdampak pada kemampuan diri mahasiswa yang akan mengalami Learning Loss. Pola pembelajaran yang berubah menjadi pembelajaran online menyebabkan hilangnya ikatan emosional sehingga pembelajaran jadi tidak bermakna. Proses pembelajaran online juga membuat aktivitas dan pengalaman belajar mahasiswa terbatas karena hanya mendapatkan teori tanpa bisa menerapkannya. Kondisi ini membuat perkembangan belajar mahasiswa tidak seimbang karena tidak sepenuhnya kompetensi yang dibutuhkan bisa diberikan dalam pembelajaran online. Namun dengan kemandirian belajar mahasiswa mampu meningkatkan nilai mata kuliahnya dalam pembelajaran online, tetapi hasil belajar yang diperoleh mahasiswa menurun. Kualitas hasil belajar mahasiswa bisa tetap terjaga dan terhindar dari Learning Loss dalam pemebelajaran online dengan mempersiapkan kurikulum darurat bagi mahasiswa, menerapkan model merdeka belajar, dan melakukan assessment serta evaluasi hasil belajar mahasiswa.

Kata Kunci: Covid-19, Pembelajaran Online, Hasil Belajar, Learning Loss.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-08-16
Abstract views: 3701 , PDF Downloads: 2137