Analisis Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Muhamad Hadi Santoso Universitas Negeri Surabaya
  • Soeryanto . Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptm.v11n1.p1-10

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Metode Pembelajaran Jigsaw, Keaktifan dan Hasil Belajar

Abstract

Abstrak

Revolusi industri 4.0 di abad ke-21 ini menuntut Negara untuk lebih meningkatkan kualitas SDM agar bisa bersaing dengan Negara lain. Perkembangan di era ini menunjukkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berkembang semakin pesat. Bangsa indonesi perlu kontribusi terhadap perkembangan global ini untuk menjaga eksistensi negara. Perubahan di sector pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SDM. Hasil belajar dan keaktifan siswa masih belum menunjukan hasil seperti yang diharapkan. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Dilihat dari pembelajaran yang masih kurang maksimal dalam menggunakan sarana prasarana atau alat peraga. Untuk meningkatakan hasil belajar dan keaktifan siswa perlu diadakan perubahan metode yang tepat. Aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa itu sendiri, oleh karena itu selama pembelajaran berlangsung keterlibatan siswa secara aktif dalam menyelesaikan tugas maupun berdiskusi akan menunjang pencapaian belajar sesuai yang diharapkan. Sehingga upaya yang perlu dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode jigsaw. Tujuan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam menyusun artikel ilmiah ini adalah studi literatur dengan cara mengumpulkan literatur yang relevan berdasarkan topik yang ditentukan. Selanjutnya semua data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian artikel ilmiah ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dibanding model pembelajaran konvensional.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Metode Pembelajaran Jigsaw , Keaktifan dan Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-11-30

Issue

Section

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 1126 , PDF Downloads: 1595