Analisis Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa

  • Muhamad Hadi Santoso Universitas Negeri Surabaya
  • Soeryanto . Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Metode Pembelajaran Jigsaw, Keaktifan dan Hasil Belajar

Abstract

Abstrak

Revolusi industri 4.0 di abad ke-21 ini menuntut Negara untuk lebih meningkatkan kualitas SDM agar bisa bersaing dengan Negara lain. Perkembangan di era ini menunjukkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berkembang semakin pesat. Bangsa indonesi perlu kontribusi terhadap perkembangan global ini untuk menjaga eksistensi negara. Perubahan di sector pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SDM. Hasil belajar dan keaktifan siswa masih belum menunjukan hasil seperti yang diharapkan. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Dilihat dari pembelajaran yang masih kurang maksimal dalam menggunakan sarana prasarana atau alat peraga. Untuk meningkatakan hasil belajar dan keaktifan siswa perlu diadakan perubahan metode yang tepat. Aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa itu sendiri, oleh karena itu selama pembelajaran berlangsung keterlibatan siswa secara aktif dalam menyelesaikan tugas maupun berdiskusi akan menunjang pencapaian belajar sesuai yang diharapkan. Sehingga upaya yang perlu dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode jigsaw. Tujuan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam menyusun artikel ilmiah ini adalah studi literatur dengan cara mengumpulkan literatur yang relevan berdasarkan topik yang ditentukan. Selanjutnya semua data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian artikel ilmiah ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dibanding model pembelajaran konvensional.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Metode Pembelajaran Jigsaw , Keaktifan dan Hasil Belajar

References

1. Amin, Hasan 2020. Penulisan karya ilmiah. Peningkatan Kompetensi Siswa Kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik Pada Mata Pelajaran Perbaikan Peralatan Listrik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di SMK Negeri 2 Palopo. Palopo: Universitas Cokrominoto.
2. Anas, Sudijono 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
3. Anisah, Sitti & Rochmawati 2018. Penulisan karya ilmiah. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Informasi Persediaan Barang Kelas XI Akuntansi 1 di SMK Negeri 10 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
4. Apandi, I. (n.d.). Guru dan Implementasi Pendekatan Saintifik dalam PembelajaranGuru dan Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. Www.Kompasiana.Com. Retrieved september 12, 2021, from https://www.kompasiana.com/idrisapandi/5bca01f6677ffb1af9055c47/penguatan-kemampuan-guru-dalam-implementasi-pendekatan-saintifik-dalam-pembelajaran?page=all%0D
5. Ariyana, Yoki, dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dan Kebudayaan
6. Astika, D. P. C. Dan Isroah 2013. Implementasi Metode Belajar Peer Teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XI, No. 1, Tahun 2013. Diambil pada hari Sabtu 18 September 2021 dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/132001800/penelitian/dian-dan-isroah. pdf.
7. Batu, Lysiana, I Kalli, Suarniti & W. K Adi 2020. Penulisan karya ilmiah. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Persamaan Lingkaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI AK 4 SMK Saraswati 1 Denpasar. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.
8. Depdiknas. (2003). Undan-Undang RI Nomor 20 Tahun Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Nasional.
9. Dewanto, & Abidin, Z. 2018. Penulisan karya ilmiah. Penerapan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Keaktifan, Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TSM Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Di SMKN 1 Labang Bangkalan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
10. Dhage, J. R., M. S. Patil A. B. Pawar 2017. Implementation And Feedback Analysis Of6Jigsaw Active Learning Method. Journal Of Engineering Education Transformations.
11. Jacobs, G. (2004). Cooperative Learning : Theory, Principles, and Techniques. In Paper presented at the First International Online Conference on Second and Foreign Language Teaching and Research. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED573881
12. Jihad, Badru, K. Iwa & P. Tatang. 2019. Penulisan karya ilmiah. Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Peserta Didik pada Kompetensi Dasar Menerapkan Alat Ukur Mekanik". Journal of Mechanical Engineering Education. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
13. Krippendorff, Klaus 1993. Analisis Isi Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
14. Lestiawan, F., & Johan, A. B. 2018. Penulisan karya ilmiah. Penerapan Metode Pembelajaran Example Non-Example Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar-dasar Pemesinan. Jurnal Taman Vokasi, https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2866
15. Majid, A. 2012. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
16. Maradona 2016. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Basic Education, 5(17), 619–628. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/2115
17. Mardiana.2014. Penulisan karya ilmiah. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 1 Kaur Selatan Kabupaten Kaur. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
18. Muhlisin 2016. Penulisan karya ilmiah. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pdto Siswa Kelas X Tsm B Di Smk Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
19. Nadzir, Muhammad 2016. Penulisan karya ilmiah. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Respon Siswa pada Materi Sistem Rem Kelas XI TKR 1 SMK Raden Patah Mojokerto. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
20. Purwanto, Gandung. 2010. Penulisan karya ilmiah. Penerapan model pembelajaran cooperative learning jigsaw dalam upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran pemeliharaan atau service engine dan komponen-komponennya pada siswa kelas XII Mekanik Otomotif 4 SMK Nasional Berbah. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
21. Purwanto, Ngalim 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
22. Putra, Indra Mandala, dkk 2021. Penulisan karya ilmiah. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bangkinang Padang: Universitas Negeri Padang.
23. Romadhani, M. Misbakhur. 2016. Penulisan karya ilmiah. Penerapan Metode Belajar Kooperatif Jigsaw Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Kompetensi Memahami Sistem Rem Konvensional Siswa Kelas Xi Tsm Di Smk Siang Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
24. Rusman. 2015. Model – Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung : CV Alfabeta
25. Santyasa, I. W. 2018. Student Centered Learning : Alternatif Pembelajaran Inovatif Abad 21 untuk Menyiapkan Guru Profesional. Quantum, 25, 14. seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/347
26. Setiawan, Agung & A. I Made.2018. penulisan karya ilmiah. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga Kelas XI TKR 2 di SMK Negeri 7 Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
27. Susanti, Dewi. (2014). Penulisan karya ilmiah. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Kayuagung. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
28. Wibowo, N. (Mei 2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Volume 1, Nomor 2, Mei 2016. Diambil pada hari Sabtu 11 September 2021 dari https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/viewFile/10621/ 8996.
29. Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan (2nd ed.). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=iIV8zwHnGo0C&oi=fnd&pg=PA1&dq=Metode+Penelitian+Kepustakaan&ots=neml0O-5Wk&sig=k04KRzw78DrUB2P3m6Bfk9bYhr8&redir_esc=y#v=onepage&q=Metode Penelitian Kepustakaan&f=false
Published
2021-11-30
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 924
PDF Downloads: 1170