PENGEMBANGAN MODUL INSTALASI BIO ETANOL UNTUK MENUNJANG PRAKTIKUM PERKULIAHAN PERPINDAHAN PANAS MAHASISWA TEKNIK MESIN

  • Adi Duwi Eswanto Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Practicum Module, ADDIE Development Model, Module Feasibility, Response

Abstract

Abstrak

Perkembangan dunia otomotif saat ini berkembang begitu pesat, hal ini menyebabkan perguruan tinggi dituntut untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas guna meningkatkan sistem pendidikan nasional. Dalam hal ini, Jurusan Teknik Mesin FT Unesa memiliki trainer instalasi bio etanol yang berada di Laboratorium Perpindahan Panas Gedung A8 Lantai 2, namun dalam pengembangannya terdapat kendala belum adanya modul praktikum yang menunjang mahasiswa dalam pelaksanaan praktikum trainer instalasi bio etanol. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul praktikum instalasi bio etanol yang layak, serta mengetahui respon kelayakan dari mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan pengembangan ADDIE, yang terdiri dari Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Hasil yang didapatkan dari penelitian ini berupa kelayakan modul dari ahli materi sebesar 3,33 (sangat layak), ahli bahasa sebesar 3,45 (sangat layak), dan ahli desain sebesar 3,17 (layak). Nilai rata-rata kelayakan modul yang diperoleh ialah sebesar 3,31 (sangat layak). Nilai rata rata dari respon mahasiswa terhadap kelayakan penggunaan modul Praktikum Instalasi Bio Etanol ialah sebesar 3,54 (sangat baik). Dari beberapa hasil tersebut, modul Praktikum Instalasi Bio Etanol dapat digunakan sebagai bahan ajar guna menunjang kegiatan pembelajaran mata kuliah Perpindahan Panas.

Kata Kunci: Modul Praktikum, Model Pengembangan ADDIE, Kelayakan Modul, Respon.  

References

(1) Ariyanto, Sudirman Rizki & I Made Arsana. 2016. “Pengembangan Modul Radiator Trainer Sebagai Penunjang Mata Kuliah Perpindahan Panas Mahasiswa D-III Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya”. JPTM, Vol. 05 (01): hal. 28-33.
(2) Apriliasari, Agysta Yoso & I made Arsana. (2016) “Pengembangan Modul Oil Cooler Trainer Untuk Menunjang Perkuliahan Perpindahan Panas Mahasiswa D3 Teknik Mesin Unesa“. JPTM. Volume 05 Nomor 01 Tahun 2016, 72 – 79
(3) Devi, Ni Komang Ayu Rima Laksmi & I Made Arsana. 2015. “Pengembangan Modul Pembelajaran Wire And Tube Heat Excanger Trainer Untuk Menunjang Perkuliahan Perpindahan Panas Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin UNESA”. JPTM, Vol. 04 (02): hal. 29-36.
(4) Farida, Wahyu Nur & Warju. 2014. “ Pengembangan Modul Pembelajaran INJECTOR TESTER dan ULTRASONIC CLEANER CNC-601A Pada Mata Kuliah Praktik Motor Bensin Program Studi S-1 Pendidikan Teknik Mesin“. JPTM. Volume 02 Nomor 03 Tahun 2014, 58-66
(5) Huda, Moch Saiful & I Made Arsana. 2013 “Pengembangan Modul Pembelajaran Thermal Radiation Untuk Menunjang Perkuliahan Perpindahan Panas Mahasiswa D3 Teknik Mesin FT UNESA“. JPTM. Volume 02 Nomor 01 Tahun 2013, 15-23
(6) Soleh Soleh, Sumardi Sumardi & I Made Arsana. 2020. “Pengembangan Modul Pembelajaran Injector Cleaner Untuk Menunjang Praktikum Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin”. JVTE, Vol. 02 (01): hal. 1-6.
(7) Suhadi Suhadi, Okky Ardiyansyah Prabowo & I Made Arsana. 2020. “Pengembangan Modul Automotive Meter Di Laboratorium Perpindahan Panas Teknik Mesin UNESA”. JVTE, Vol. 02 (01): hal. 7-13.
(8) Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
(9) Widyoko, Eko Putro. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
(10) Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2021-12-22
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 52