MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • Moch Vicky Cahya Universitas Negeri Surabaya
  • yunus yunus universitas negeri surabaya

Abstract

Abstrak

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menuntut sekolah untuk dapat menyesuaikan dengan arus perubahan terutama bagi sekolah menengah kejuruan. Lulusan sekolah harus sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Efektifitas kegiatan kependidikan sekolah dipengaruhi variabel yang menyangkut salah satu aspek yaitu sarana dan prasarana, yang perlu mendapatkan pembinaan dan pengembangan secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen sarana prasarana bengkel pemesinan di SMKN 3 Surabaya, dan mengetahui kondisi sarana prasaran bengkel pemesinan SMKN 3 Surabaya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 3 Surabaya. Instrumen yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada kepala jurusan, kepala bengkel dan guru. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan tiga alur yang pertama dengan mereduksi, selanjutnya penyajian data, terakhir menyimpulkan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa manajemen sarana prasarana bengkel pemesinan di SMKN 3 Surabaya yang terdiri dari 1) perencanaan sarana prasarana bengkel di SMKN 3  berjalan sesuai prosedur yang ditetapkan; 2) pengorganisasian berjalan baik sesuai dengan job deskripsi; 3) pelaksanaan sarana prasaran bengkel pemesinan berjalan dengan baik; 4) pengawasan sarana prasarana bengkel pemesinan juga baik dalam pengawasannya oleh kepala bengkel, koordinator bengkel dan guru mata pelajaran teknik pemesinan. Adapaun kondisi sarana prasarana bengkel pemesinan di SKMN 3 Surabaya terutama alat dan mesin yang cukup baik digunakan dalam pembelajaran praktik.

Kata Kunci: manajemen, sarana dan prasarana, mutu pendidikan

References

1. Darmastuti ,Hajeng dan Karwanto.2014. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Jurusan Teknik Komputer Dan Informatika Di Smk Negeri 2 Surabaya” dalam Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 3, No 3 (Halaman 9-20). Surabaya:Universitas Negeri Surabaya
2. Echols dan Shadily. (1990). An English Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia
3. George R. Terry. (1996). Principle Of Managemen, Homewood, Illinois, Richard, Irwin Inc.
4. Hadari Nanawi. (1992). Kepemimpinan Efektif. Yogyakarta: UGM Press.
5. Indrawan,Irjus. 2015. “Pengantar Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah”.Yogyakarta:Deepublish
6. Kurniawati,Putri Isnaeni dan Sayuti ,Suminto A. 2013. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Di SMK N 1 Kasihan Bantul”dalam Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (Halaman 98-106). Yokyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
7. Louise E. Boone dan David L. Kurtz. (1984). Perencanaan Merupakan Alat Pertama Dalam Proses Manajemen. Diakses darihttps://onesearch.id/Author/Home?author=Louis+E.+Boone%2C+David+L.+Kurtz. Pada Tanggal 20 Januari 2021 Pukul 15.00 WIB.
8. Mulyanto ,Eko. 2017. “Pengelolaan Bengkel Teknik Mekatronika Di SMK”dalam Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 12 No 1 (Halaman 48-59). Sukoharjo: SMK Negeri 2 Sukoharjo
9. Mustari, Mohamad.2014. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres
10. Purwaningsih, Enny, Pengelolaan Sarana pendidikan (studi situs pada SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta), Tesis Magister, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.
11. Purwanto ,Nurtanio Agus.2006. “Kontribusi Pendidikan Bagi Pembangunan Ekonomi Negara”. Dalam Jurnal Manajemen Pendidikan No 2 ( Halaman 1-7).
12. Rusdiana dan Ghazin,Ahmad. 2014. Asas-asas Manajemen Berwawasan Global. Bandung:Pustaka Setia.
13. Rohmadi, Mianto . 2020. “Manajemen Bengkel Kriya Kulit dalam Upaya Pengembangan Mutu Pembelajaran Di SMK”dalam Media Manajemen Pendidikan Vol 3 No 1 (halaman 43-54). Yokyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.
14. Salim dan syahrum. 2012 .Manajemen Penelitian Kualitatif. Bandung :Citapustaka Media.
15. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
16. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
17. T. Hani Handoko, (1995). Manajemen. BPFE: Yogyakarta.
Published
2022-01-08
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 224
PDF Downloads: 178