MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 3 SURABAYA
Keywords:
manajemen, sarana dan prasarana, mutu pendidikanAbstract
Abstrak
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menuntut sekolah untuk dapat menyesuaikan dengan arus perubahan terutama bagi sekolah menengah kejuruan. Lulusan sekolah harus sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Efektifitas kegiatan kependidikan sekolah dipengaruhi variabel yang menyangkut salah satu aspek yaitu sarana dan prasarana, yang perlu mendapatkan pembinaan dan pengembangan secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen sarana prasarana bengkel pemesinan di SMKN 3 Surabaya, dan mengetahui kondisi sarana prasaran bengkel pemesinan SMKN 3 Surabaya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 3 Surabaya. Instrumen yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada kepala jurusan, kepala bengkel dan guru. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan tiga alur yang pertama dengan mereduksi, selanjutnya penyajian data, terakhir menyimpulkan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa manajemen sarana prasarana bengkel pemesinan di SMKN 3 Surabaya yang terdiri dari 1) perencanaan sarana prasarana bengkel di SMKN 3 berjalan sesuai prosedur yang ditetapkan; 2) pengorganisasian berjalan baik sesuai dengan job deskripsi; 3) pelaksanaan sarana prasaran bengkel pemesinan berjalan dengan baik; 4) pengawasan sarana prasarana bengkel pemesinan juga baik dalam pengawasannya oleh kepala bengkel, koordinator bengkel dan guru mata pelajaran teknik pemesinan. Adapaun kondisi sarana prasarana bengkel pemesinan di SKMN 3 Surabaya terutama alat dan mesin yang cukup baik digunakan dalam pembelajaran praktik.
Kata Kunci: manajemen, sarana dan prasarana, mutu pendidikan
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

