PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN PEMESINAN DASAR DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • Muhammad Iqbal Al-farisih Universitas Negeri Surabaya
  • Yunus yunus Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Kelas X Teknik Pemesianan di SMK Negeri 1 Sidoarjo yang menempuh mata pelajaran pekerjaan dasar
teknik mesin masih banyak yang belum menguasai materi khususnya pada pemesinan bubut. Peneliti
melakukan pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan lectora inspire 17 yang merupakan
media kombinasi dari teks, gambar, audio, dan video yang dapat dioperasikan secara individu oleh peserta
didik. Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan model 4D. instrument pengembangan
data ini menggunakan lembar angket validasi kelayakan media, lembar angket validasi kelayakan materi,
lembar validasi kelayakan butir soal, dan lembar angket untuk respon siswa kelas X. Hasil dari penelitian
ini mendapatkan presentase rata-rata kelayakan media sebesar yang termasuk dalam kategori “Sangat
Layak”, rata-rata kelayakan materi sebesar yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, rata-rata
kelayakan butir soal sebesar yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dan mendapat rata-rata respon
siswa kelas X sebesar yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Lectora Ispire 17, Pekerjaan Dasar Teknik Mesin.

References

1. Arief S. W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Untuk Mendukung Proses Pembelajran Pemesinan Dasar
di SMK N 1 Purworejo. Skripsi, tidak diterbitkan,
Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
2. Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. ed. rev.
Jakarta: PT. Bumi
3. Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran Sebuah Pedekatan Baru.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
4. Borg, W.R. dan Gall, M.D. (1983). Educational Research An
Introduction (4th ed). New York: Longman. Inc.
5. Djohar, A. (2007). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Dalam
Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana
Press. Hal. 1285-1300.
6. Hake, R.R. (2012). Analyzing Change/Gain Scores. USA: Indiana
University.
7. Hamalik, O. (2011). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar
Baru Algesindo.
8. Mahda E., (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Untuk Siswa
Kelas XII Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 3
Yogyajarta. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri
Yogyakarta, Yogyakarta.
9. Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan pendekatan
kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
10. Thiagarajan, S. Semmelm D.S & Semmel, MI. (1974). Instructional
Development for Training Teachers of Exceptional
Children. Indiana: Indiana University Bloomington.
11. Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi
Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
12. Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Siatem Pendidikan
Nasional.
13. Yunus. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Teknik
Pengelasan Berbantuan Komputer di SMK. Disertasi, tidak
diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
Published
2022-01-08
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 81