PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR DI SMKN 2 SURABAYA

  • Rizki Arif Nur Cholis Universitas Negeri Surabaya
  • FNU Yunus Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Berdasarkan observasi yang dilakukan selama PLP diperoleh informasi peserta didik mengalami kesulitan memahami materi aturan teknik gambar mesin dan tanda pengerjaan karena masih bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android yang layak digunakan dan diharapkan mampu meningkatkan efektivitas hasil belajar serta respon peserta didik kelas XI Teknik Pemesinan di SMKN 2 Surabaya. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yaitu ADDIE. Penelitian dilakukan untuk menilai tingkat efektivitas hasil belajar menggunakan metode eksperimen one grup pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner lembar validasi, lembar pre-test post-test dan juga lembar respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini diperoleh kelayakan sebesar 93,93 untuk ahli materi sedangkan 91,66 untuk ahli media, dari hasil tersebut media pembelajaran termasuk kategori sangat layak. Efektivitas media pembelajaran diperoleh sebesar 0,623, termasuk kedalam kategori sedang. Respon peserta didik diperoleh sebesar 96,66, termasuk kedalam kategori sangat kuat. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk menunjang mata pelajaran gambar teknik manufaktur.

Kata Kunci: Android, ADDIE, Adobe Animate, One Group Pretest Posttest Design.

References

1. Anonim. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
2. Arif, C. F. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Untuk Kelas X SMK Negeri 3 Buduran-Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin.
3. Gunanto, A. (2018). Gambar Teknik Manufaktur SMK/MAK Kelas XI. Program Keahlian Teknik Mesin. Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan (Edisi Revisi). Yogyakarta: Penerbit Andi
4. Indah, L. W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran.
5. Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.
6. Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
7. Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
8. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Published
2022-01-16
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 221
PDF Downloads: 105