PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN DI SMKN 7 SURABAYA

  • Alfian Dwi Cahyo Universitas Negeri Surabaya
  • FNU Yunus Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil obeservasi di SMKN 7 Surabaya diperoleh informasi bahwa  belum adanya media pembelajaran interaktif yang mendukung proses pembelajaran PDTM. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan dan diharapkan berpengaruh terhadap hasil belajar serta respon peserta didik. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan untuk menilai pengaruh media terhadap hasil belajar, menggunakan desain “Classical Experimental Design”. Teknik pengumpulan data menggunakan  lembar validasi, lembar pre-test post-test dan juga lembar respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini diperoleh kelayakan sebesar 3,47 untuk ahli materi, 3,67 untuk ahli media, dari hasil tersebut media pembelajaran termasuk sangat layak. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukan adanya pengaruh yang signifikan Dengan perhitungan uji t diperoleh nilai sig 2-tailed 0,028<0,05 dan nilai t 2,245. Dan dapat disimpulkan  media pembelajaran interaktif berbasis android dapat digunakan sebagai bahan ajar mata pelajaran PDTM

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Android, PDTM.

References

1. Fauzi, Tsalis Ahmad & Soeryanto. 2019. “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Aplikasi Solidworks Pada Mata Kuliah CAD Dijurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya”. JPTM, Vol. 08 (03): hal. 59-64.
2. Putro, Jefri Nokiawanto Suyono & Agung. 2017. “Pengembangan Modul Ajar Dengan Pokok Bahasan Cara Kerja Berbagai Jenis Sensor Dan Aplikasinya Pada Mata Kuliah Instrumentasi Dan Kendali”. JPTM, Vol. 05 (03): hal. 3337.
3. Sugiarto, Agus & Grummy. 2013. “Pembuatan Modul Praktikum Sistem Central Lock Alarm Pada Praktik Kelistrikan Otomotif Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Unesa”. JPTM, Vol. 02 (02): hal. 27-36.
4. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
5. Sujanto, Agus. 2014. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
6. Suryosubroto, B. 1983. Sistem Pengajaran dengan Modul. Jakarta: Bima Aksara.
7. Umaroh, Susi Tri & Warju. 2019. “Pengembangan Modul Smoke Opacity Meter Tecnomotor Tipe G-820 Untuk Menunjang Mata Kuliah Analisa Performa Mesin Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA”. JPTM, Vol. 08 (02): hal. 111-122.
8. Widhikdho, Ade Priyo & Wahyu. 2018. “Pengembangan Modul Ajar Perencanaan Elemen Mesin Pokok Bahasan Perhitungan Daya Dan Pemilihan
Published
2022-01-16
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 108