PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN CNC TURNING TIPE COSMEC PLTCK 6140 UNTUK MATA PELAJARAN CNC KELAS XI SMK PGRI 1 SURABAYA

  • Yusuf Mochammad Saputra Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Cholik Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pada kegiatan pembelajaran penggunaan modul merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajran pada siswa. Oleh sebab itu, tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengetahui proses pengembangan modul, mengukur kelayakan modul, respon siswa, hasil belajar siswa, serta keunggulan dan kekurangan modul yang dikembangkan. Jenis penelitian ini Research and Developmetn (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini siswa kelas XI program keahlian teknik pemesinan CNC SMK PGRI 1 Surabaya. Kelayakan modul pembelajaran berkategori sangat layak dengan nilai rata-rata 91%. Respon siswa terhadap penggunaan modul dilihat dari aspek tampilan, penyajian materi, dan manfaat bila dirata-rata mendapat persentase 82% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa berdasarkan perhitungan n-gain mendapatkan nilai 0,37 artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan kriteria sedang. Modul ini memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran CNC tipe COSMEC PLTCK 6140 dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk menunjang mata pelajaran teknik pemesinan CNC.

Kata Kunci: Modul, CNC, Teknik Pemesinan CNC, ADDIE Model

References

1. Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
2. Fandi, A., & Yasa Utama, F. (2013). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MACH 3 TURN PADA PEMROGRAMAN MESIN CNC BERDASARKAN DESAIN CAD DI SMK NEGERI 12 SURABAYA. JPTM. Volume 08 Nomor 01 Tahun 2019, 184-192, 30-31.
3. Hamalik, O. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
4. Nana Syaodih, S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
5. Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
6. Sardiman, A. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
7. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
8. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2022-01-16
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 111
PDF Downloads: 53