PENGARUH PENGGUNAAN ENGINE CONTROL UNIT(ECU) UNLIMITER TERHADAP ENGINE MOTOR YAMAHA V-IXION 150 CC

  • Setyanto Dwi Ikhwanudin Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana

Abstract

Abstrak

Pada  saat  ini  sistem  pengapian  konvensional  pada  sepeda  motor  telah mengalami  perkembangan  yaitu  sistem  pengapian  ECU.Maka penelitian ini akan mencari hasil dari perbandingan antara ECU standart dan ECU BRT, apakah ada perbandingan yang berbeda saat menggunakan ECU BRT. Manfaat dari penelitian untuk menambah wawasan bagi pengguna dan mahasiswa tentang pengaruh penggunaan ECU.Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  eksperimen  semu  (quasi-experimen). Dalam penelitian ini, perlakuan berupa perbedaan jenis ECU yang digunakan pada sepeda motor yaitu:ECU standar dari sepeda motor V-ixion 150cc dan ECU modifikasi menggunakan tipe ECU BRT. Dalam Variabel  ini dilihat dari perubahan yang terjadi pada daya dan torsi. Variabel kontrol adalah putara mesin 3000–9000 rpm,temperatur oli,temperatur ruang uji,kelembapan udara ruang uji,bahan bakar yang digunakan pertamax. Bahan penelitian yang digunakan adalah ECU BRT. Objek penelitian menggunakan ECU standart dan menggunakan ECU BRT dan eksperimen ini menggunakan mesin yamaha v-ixion 150cc. Standart pengujian (SAE) J1349, yaitu adalah “Engine Test Code-Spark Ignition and Compression Ignition-Net Power Rating”. Penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif yang bersifat eksperimental, yaitu suatu penelitian dimana peneliti sengaja membangkitkan timbulnya suatu kejadian atau keadaan, kemudian diteliti bagaimana akibat. Dilihat dari hasil penelitihan dapat dihitung persentase naik dan turunnya performa mesin dimasing-masing penggunaan ECU. penurunan performa terjadi bervariasi di ECU Standar dan ECU BRT,besaran hasil dari pengujian dari ECU Standar menghasilkan daya 13,4 dan torsi 12,1 sedangkan daya dan torsi dari  penggunaan ECU BRT yang didapat dari pengujian menghasilkan daya 13,8 dan torsi 12,3 kenaikan daya menjadi 2,9%.

Kata kunci : Engine Control Unit (ECU), Peforma Motor, Yamaha Vixion 150cc

References

1. BRT. 2013. Buku Panduan Juken 2 BRT
2. Gunawan, Hery, Arsana, I Made. 2009. Penerapan Pembelajaran Dengan Trainer Sistem Injeksi Berbasis Modul Untuk Meningkatkan Kompetensi Sistem Injeksi Pada Praktik Sepeda Motor Mahasiswa D3 Teknik Mesin Unesa Surabaya. Jurnal pendidikan teknik mesin Volume 04 Nomor 03 Tahun 2016, 58-63
3. Hidayatullah R S, Susila I W, Arsana I M, Warju, dan Ariyanto S R. 2020. The Effectiveness of Using Variations in Fuel Against Engine Performance 4 Steps 100 CC with Compression Ratio 8:1. Workshop on Environmetal Science, Society, and Technology, IOP Publishing: 30 Mei –3 juni 2020. Hal : 1-7
4. Ilmi, Muhammad Bahrul dan I Made Arsana. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Automatic Injector Tester And Cleaner Pada Mata Pelajaran Praktik Injeksi Motor Bensin Di Smk Negeri 1 Jabon Sidoarjo. Jurnal pendidikan teknik mesin Volume 07 Nomor 02 Hal 1-6
5. Jama, Jalius dan Wagino. 2008 a. Teknik Sepeda Motor Jilid 1 untuk SMK.
6. Lasminto, Wahyu dan I Made Arsana. 2013. Pengembangan Media Trainer Sistem Pengapian CDI Untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran Mata Diklat Melakukan Perbaikan Sistem Pengapian Siswa Kelas Xii Tsm Di Smk Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Volume 02 Nomor 01 Hal 24 – 33
7. Setiyawan, Nanang Dwi dan I Made Arsana. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Pengapian CDI Untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran Siswa Kelas XII TSM Pada Mata Diklat Perbaikan Sistem Pengapian Di Smkn 1 Nganjuk. Jurnal pendidikan teknik mesin Volume 05 Nomer 01 Hal 87-94.
8. Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
9. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
10. SAE J1349 2004 Engine Power Test Code-Spark Ignition and Compression Ignition-Net Power Rating (Warrendale: SAE International)
11. Utomo, Rudi Agus dan I Made Arsana. 2020. Pengaruh penambahan BIOADITIF minyak kayu putih pada bahan bakar pertalite terhadap performa, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang sepedah motor honda CS1 150 PGM-FI. Jurnal pendidikan teknik mesin Volume 09 Nomer 02 Hal 29-36.
12. Wicahyo, Sigit dan I Made Arsana. 2013. Pengaruh Penggunaan Hydrogen Booster Electrolyzer Terhadap Performa Mesin Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Empat Langkah. Jurnal teknik mesin Volume 01 Nomer 03 Hal 121-128.
Published
2022-01-31
Abstract Views: 455
PDF Downloads: 342