PENERAPAN PEMBELAJARAN PEER TEACHING GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MESIN BUBUT KELAS XI TPM DI SMK JAWAHIRUL ULUM SIDOARJO

  • Rennyta Putri Widyanika Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Cholik Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Selama menjadi guru bantu di SMK Jawahirul Ulum Jabon Sidoarjo terdapat faktor yang mempengaruhi nilai siswa pada mata pelajaran mesin bubut, yaitu: Siswa cenderung pasif dan malu bertanya, beberapa siswa tidak memperhatikan, kurangnya pemahaman pada dasar teori mesin bubut, hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran peer teaching pada mata pelajaran mesin bubut kelas XI, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mesin bubut kelas XI antara sebelum dan sesudah adanya metode pembelajaran peer teaching, mengetahui keefektivan metode pembelajaran peer teaching pada mata pelajaran mesin bubut kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan rancangan berupa pembagian objek menjadi dua kelas eksperimen. Pada kelas kontrol diberikan perilaku menggunakan metode pembelajaran ceramah, sedangkan kelas eksperimen diberikan metode pembelajaran peer teaching. Setelah dilakukan penelitian didapatkan hasil sebagai berikut, yaitu:  respon siswa terhadap metode pembelajaran peer teaching adalah sangat baik karena diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,56, hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan metode pembelajaran peer teaching dan dilakukan post-test meningkat sampai 100%, hasil perhitungan N-gain menunjukkan bahwa efektivitas metode pembelajaran masuk dalam kategori sedang dengan nilai sebesar 0,601. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, respon siswa terhadap metode pembelajaran peer teaching sangat baik ditunjukkan dari suasana kelas yang aktif dan responsif, hasil belajar siswa meningkat sampai 100% sehingga seluruh siswa pada kelas eksperimen mendapatkan nilai di atas KKM, efektivitas penerapan metode pembelajaran peer teaching termasuk cukup efektif dalam meningkatkan nilasi siswa.

References

1. Alimuddin. Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Universitas Negeri Muhammadiyah Makassar
2. Faiq, Muhammad. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Construct 2 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Di SMK Negeri 3 Surabaya. Skripsi. Surabaya
3. Ginanjar, Lantik Anjar. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kelas XI SMK Negeri 3 Surabaya. Universitas Negeri Surabaya
4. Lesmana, Galih.T. dkk. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMK Pada Kompetensi Dasar Menggunakan Alat Ukur. Universitas Pendidikan Indonesia
5. Maulidy, R.Iqbal. 2019. Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PDTO Kelas X Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Bangkalan. Skripsi. Surabaya
6. Puspitasari, Retno. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Teknik Dalam Pengajaran Remidial Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Universitas Negeri Surabaya
7. Rahman, Rizky Fathur. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching Guna Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Mesin Bubut Di Kelas XI Jurusan Teknik Mesin SMK Ahmad Yani Probolinggo. Universitas Negeri Surabaya
8. Yusup, Ayi Ahmad Maulana dan Ani Interdiana Candra Sari. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Kalkulus. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Published
2022-07-04
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 45