PENERAPAN WEBSITE E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PKKR KELAS XI TKRO DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • sisca aprilliana universitas negeri surabaya
  • Ika Nurjannah universitas negeri surabaya

Abstract

Penerapan website e-learning akan sangat diperlukan dalam proses pembelajaran dikarenakan keterbatasan yang berlaku selama pandemi Covid-19, agar tetap menghasilkan proses pengajaran dan pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa respon beserta hasil belajar siswa terhadap penerapan website e-learning dalam pembelajaran mata pelajaran PKKR kelas XI TKRO di SMK Negeri 2. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes, yang terdiri dari angket respon siswa, tes awal dan tes akhir siswa terhadap penerapan website e-learning pada mata pelajaran PKKR.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil respon siswa terhadap penerapan website e-learning mencapai 66% yang termasuk kategori “Baik”. (2) Hasil tes akhir kelas eksperimen sebesar 61% siswa tuntas KKM, sedangkan kelas kontrol sebesar 52% siswa tuntas KKM. Hal ini menandakan bahwa website e-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan ketuntasan klasikal kelas ekperimen > ketuntasan klasikal kelas kontrol

Kata Kunci: Website E-learning, Penelitian Eksperimen, Respon, Hasil Belajar.

References

1. Abdullah, Ahmad Hafid. 2020. Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Integrated Pada Mata Pelajaran Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 2 Surabaya. Surabaya: Digital Library Universitas Negeri Surabaya.
2. Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
3. Dimyati & Moedjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
4. Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
5. Gaol, Nasib Tua Lumban. 2016. Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional. Yogyakarta: Jurnal Universitas Gadjah Mada Buletin Psikologi Vol 24.
6. Hanum, Numiek Sulistyo. 2013. Keefektifan E-learning Sebagi Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Puwokerto). Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta.
7. Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
8. Harminingtyas, Rudika. 2014. Analisis Layanan Website Sebagai Media Promosi, Media Transaksi Dan Media Informasi Dan Pengaruhnya Terhadap Brand Image Perusahaan Pada Hotel Ciputra Di Kota Semarang. Semarang: Jurnal STIE Semarang Vol 6.
9. Hartono, Hamzah. 2014. Pengertian Website Dan Fungsinya. Banten: CV. Ilmuti International Indonesia.
10. Hidayah, Fitri. 2012. Penerapan E-learning sebagai Media Pembelajaran Mata Diklat Pemrograman Web Kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMKN 2 Pengasih. Yogyakarta: Eprints Universitas Negeri Yogyakarta.
11. Ibrahim, Doni S. & Suardiman, Siti P. 2014. Pengaruh Penggunaan E-learning Tergadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Prima Edukasia Vol 2.
12. Komala, Nada. 2020. Evaluasi Pembelajaran Program Link and Match dengan Dunia Usaha/Industri pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 3 Surabaya. Surabaya: Digital Library Universitas Negeri Surabaya.
13. Luckyardi, Senny & Rahman, L. 2021. Application of E-learning System in The World of Education. Padang: Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan Universitas Negeri Padang Vol 14.
14. Mandayu, Astody G. 2018. Respon Siswa Terhadap Media Elearning Berbasis Web Blog Materi Sistem Pernapasan Kelas VIII SMP. Pontianak: Eprins Universitas Tanjungpura.
15. Misliani & Panjaitan, R. G. P. 2013. Respon Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran oleh Guru IPA Biologi di Kecamatan Kendawangan. Jurnal Wahana Bio. 9 (1-2): 1-10.
16. Mulyani, Wiwi. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Impuls dan Momentum. Jakarta: Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.


17. Pandie, Ivan Josua J. 2021. Analisis Keefektifan E-learning Menggunakan Website Pada Mata Pelajaran Teknik Pemrograman Mikroprosesor Dan Mikrokontroler Di SMK. Surabaya: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya Vol 10.
18. Ramli, Muhammad. 2012. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.
19. Saputra, Rizky Eka. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Metode Pembelajaran Example Non-Example Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Ssiswa Pada Mata Pelajaran Teknik Dasar Otomotif di SMK Negeri 2 Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
20. Setiawardhani, Ratna T. 2013. Pembelajaran Elektronik (E-learning) Dan Internet Dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Siswa. Cirebon: Jurnal Ilmiah Pend. Ekonomi, Edunomic.
21. Sihes, Ahmad Johari. 2011. Konsep Pembelajaran. Johor Bahru: Eprints Universiti Teknologi Malaysia.
22. Sugiyono. 2015. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
23. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Evaluasi (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif & Kombinasi). Bandung: CV. Alfabeta
24. Tambunan, Hamonangan. 2012. Model Pembelajaran Berbasis E-learniing Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini Dan Masa Yang Akan Datang. Deli Serdang: Digital Library Universitas Negeri Medan.
25. Wardana & Djamaluddin, Ahdar. 2019. Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: CV. Kaaffah Learning Center.
26. Wastuti, Sri Ngayomi Yudha & Hariani, Pipit P. 2020. Pemanfaatan E-learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Medan: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Vol 3.
Published
2022-07-04
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 33