EFEKTIVITAS SISTEM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNESA

  • Dwi Syahrul Rhomadhoni Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Dwi Kurniawan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilaksanakan di tempat tinggal masing-masing menggunakan media berupa aplikasi perangkat lunak berbasis komputer yang terkoneksi jaringan sehingga dapat menghubungkan pelajar dengan pengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei yang dilakukan secara online untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, atau kejadian yang saat ini sedang terjadi. Adapun subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2019–2020. Dalam mendapatkan data yang dibutuhkan, digunakan instrumen berupa skala yang mengacu pada Panduan Proses Pembelajaran Daring SPADA 2019. Hal ini meliputi rancangan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, strategi pengantaran atau penyampaian, media dan teknologi pembelajaran, serta layanan bantuan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima aspek penilaian pembelajaran daring dapat diketahui bahwa aspek tertinggi, yaitu aspek media dan teknologi pembelajaran dengan persentase sebesar 80,8%. Selain itu, aspek strategi pengantaran atau penyampaian dengan persentase sebesar 76,3%, kemudian aspek rancangan pembelajaran dengan persentase sebesar 76%, aspek kegiatan pembelajaran dengan persentase sebesar 74,4%, dan aspek terendah adalah layanan bantuan belajar dengan persentase sebesar 69,7%. Berdasarkan hasil tersebut, keefektivitasan sistem pembelajaran daring pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNESA angkatan 2019–2020 memperoleh persentase rata-rata skor sebesar 75,6%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran daring pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNESA angkatan 2019–2020 dinyatakan sangat efektif.

Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, SPADA.

References

1. Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
2. Arikunto. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Rineka Cipta.
3. Dharma, Surya. 2008. Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
4. Gonia, M. F. 2009. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Assesmen pada Pembelajaran Pembiasan Cahaya. (Skripsi) Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia.
5. Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aska.
6. Hanum, N. S. 2013 Keefektifan E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 3 No. 1.
7. Hikmat, et al., 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Survey Online. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19. UIN Sunan Gununung Djati Bandung.
8. Mudjiono, Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
9. Munir. 2009. Kurikulum Berbasis Teknologi & Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
10. Noor, J. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
11. Riduwan & Akdon. 2008. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
12. Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafido Persada.
13. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
14. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
15. Supardi. 2012. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
16. Yulita, H. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas dan Motivasi Mahasiswa dalam Menggunakan Metode Pembelajaran E-Learning. Business & Management Journal Bunda Mulia.
Published
2022-07-11
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 217