PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK- PAIR-SHARE PADA MATA PELAJARAN NC/CNCDASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TPM DI SMKN 1 BRONDONG LAMONGAN

  • One M. Justice Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Aini Susanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah varitaif model pembelajaran yang dilakukan oleh pengajar. Pembelajaran koorperatif merupakan pendekatan pembelajaran melalui kelompok kecil siswa untuk bekerja sama memaksimalkan kondisi belajar dalam mencapai tujuan belajar. Pembelajaran kooperatif didasarkan pada gagasan atau pemikiran bahwa siswa bekerja sama dalam belajar, dan bertanggung jawab terhadap aktivitas belajar kelompok mereka seperti terhadap diri mereka sendiri. Alternatif di antara model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran mata pelajaran NC/CNC Dasar adalah Think-Pair-Share (TPS). Model pembelajaran Think-Pair-Share mudah untuk diterapkan pada berbagai tingkat kemampuan berfikir, dan dalam setiap kesempatan. Siswa diberi waktu lebih banyak berfikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas. Penelitian ini dilakukan dengan model siklus dari Kemming dan Taggart yang menggunakan dua siklus yang        setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : Perancanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan Tindakan, dan Refleksi. Hasil validasi perangkat pembelajaran yang digunakan penelitian meliputi RPP,Silabus dan Butir Soal bisa dikategorikan layak digunakan. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 53% pada siklus I, dan 83,37 % pada Siklus II sehingga masuk kategori baik, sedangkan persentase kemampuan eksplorasi siswa sebesar 52,92% pada siklus I, dan 76,42 %pada Siklus II dan dapat  dikategorikan baik. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Pair-Share terbukti      dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada kelas XI TPM 1 yang berjumlah 32 siswa di Sekolah SMKN 1 Brondong, Lamongan.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Pembelajaran koorperatif Think Pair Share, Hasil Belajar.

References

Afifudin. 2006. Psikologi Pendidikan. Solo. Harapan Masa
Anita Lie. 2004. Cooperative Learning Mempraktekkan di Ruang-Ruang Kelas Jakarta. Grasindo.
Amala, Mushafa. 2014. Pengembangan Perangkat Lunak Sistem Operasi Mesin Milling CNC Trainer. Jurnal Teknik Mesin S-1 Vol.2 No. 3.
Chatarina, Anni Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang. UPT. UNNES Press.
Darodjat, Zakiyah. 1998. Kesehatan Mental. Jakarta. Haji Mas Agung.
Dasim, Budimansyah. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portopolio. Bandung. PT. Gasindo.
David Gibbs dan M. Thomas. 1991. Dasar-Dasar Teknik dan Pemrograman CNC. Bandung. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Depdikbud. 2013. Teknik Permisinan Dasar, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan SMK.
Departemen Agama RI. 2006. Al Qur’an Dan terjemahnya. Surabaya. Pustaka Agung Harapan.
Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Depdikbud.
Emrizal. (2007). CNC Bubut. Bogor. Yudhistira.
Erman, Suherman. 2003. Asesmen Proses Dan Hasil Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogjakarta, Pustaka Pelajar
Kuspriyanto. 2011. Mesin Computerized Numerically Controlled (CNC). Jurnal Departmen Teknologi Elektro Fakultas Teknonogi Industri, Institut Teknologi Bandung. Kuspriyanto @yahoo.com.
Lester D. Crow and Crow P.HD. Alice Crow. P.HD. 1994. Psikologi Pendidikan, (Terjemah Kasijan) Surabaya. Bina Ilmu.
Nasution. 2007. Metode Research. Jakarta. Bumi Aksara.
Salam, Abdul. 2014. Pemrograman Dasar NC. Makassar. Deepublish.
Sardiman, Arief. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali Pers.
Subagio dan Atmaja. 2011. Penggunaan Perangkat Lunak Open Source untuk Sistem Open Architecture pada Mesin Milling CNC. Journal of Mechatronics, Electrical Power, and Vehicular Technology, Vol. 02, No. 2.
Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sularso, Suga. 2001. Dasar Perencanaan dan Elemen Mesin dan Pemilihan Elemen Mesin. 10th Edition. Jakarta. PT. Pradnya Paramita.
Sulestiyawan, Muhammad. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemrograman CNC Dasar Menggunakan Modul Tutorial CNC GSK-928-TE Di SMK Dr. Sutomo Temanggung. Skripsi, tidak diterbitkan.
Published
2022-08-05
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 35