PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK- PAIR-SHARE PADA MATA PELAJARAN NC/CNCDASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TPM DI SMKN 1 BRONDONG LAMONGAN

Authors

  • One M. Justice Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Aini Susanti Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Model Pembelajaran, Pembelajaran koorperatif Think Pair Share, Hasil Belajar

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah varitaif model pembelajaran yang dilakukan oleh pengajar. Pembelajaran koorperatif merupakan pendekatan pembelajaran melalui kelompok kecil siswa untuk bekerja sama memaksimalkan kondisi belajar dalam mencapai tujuan belajar. Pembelajaran kooperatif didasarkan pada gagasan atau pemikiran bahwa siswa bekerja sama dalam belajar, dan bertanggung jawab terhadap aktivitas belajar kelompok mereka seperti terhadap diri mereka sendiri. Alternatif di antara model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran mata pelajaran NC/CNC Dasar adalah Think-Pair-Share (TPS). Model pembelajaran Think-Pair-Share mudah untuk diterapkan pada berbagai tingkat kemampuan berfikir, dan dalam setiap kesempatan. Siswa diberi waktu lebih banyak berfikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas. Penelitian ini dilakukan dengan model siklus dari Kemming dan Taggart yang menggunakan dua siklus yang        setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : Perancanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan Tindakan, dan Refleksi. Hasil validasi perangkat pembelajaran yang digunakan penelitian meliputi RPP,Silabus dan Butir Soal bisa dikategorikan layak digunakan. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 53% pada siklus I, dan 83,37 % pada Siklus II sehingga masuk kategori baik, sedangkan persentase kemampuan eksplorasi siswa sebesar 52,92% pada siklus I, dan 76,42 %pada Siklus II dan dapat  dikategorikan baik. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Pair-Share terbukti      dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada kelas XI TPM 1 yang berjumlah 32 siswa di Sekolah SMKN 1 Brondong, Lamongan.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Pembelajaran koorperatif Think Pair Share, Hasil Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-08-05

Issue

Section

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 55 , PDF Downloads: 35