PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE MENGGUNAKAN SIMULATOR CNC HKI TECH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN 2 BANGKALAN

  • Muhammad Gustimas Eka Yuda Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Dwi Kurniawan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa kelas XI jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Bangkalan yang masih rendah pada kompetensi dasar Mengoperasikan Mesin CNC Milling yang disebabkan oleh kurang efisiennya model pembelajaran yang diberikan oleh Guru dikarenakan tipe pembelajaran konvensional.  Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Media pembelajaran yang digunakan adalah CNC Simulator HKI Tech 4025p. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar tes hasil belajar pada tiap peserta didik. Siklus I menggunakan Lembar Kerja Pre-tes(T1) dan Siklus II menggunakan Posttest(T2). Rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan(T1) sebesar 72,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 41,4% dari 29 siswa dalam satu kelas. Hal ini disebabkan penerapan model pembelajaran konvensional menjadikan sebagian besar siswa bosan dan kurang memahami materi yang diberikan oleh guru. Pada hasil dari ­Post-test(T2) rata-rata nilai mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 82,5 dengan ketuntasan hasil belajar 100% pada jumlah 29 siswa. Model pembelajaran TPS menjadikan proses pembelajaran yang lebih variatif dan fleksibel kepada peserta didik serta menghasilkan saran terhadap tindakan guru yang lebih praktis dengan mengubah metode pembelajaran selama proses belajar mengajar pada semester selanjutnya.

Kata Kunci: Konvensional, Kooperatif, CNC simulator, Peningkatan.

References

1. Amongguru. 2020. Pre Test dan Post Test : http://amongguru.com/pre-test-dan-post-test-pengertian-tujuan-serta-perbedaannya.html (diakses tanggal 5 April 2022).
2. Ardianto, D., Yufrizal, Helmi, N., dan Indrawan, Eko. Efektivitas Penggunaan CNC Simulator Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM Kelas XII SMK Negeri 1 Bukittinggi. Universitas Negeri Padang. Vol 3 No 4 (2021).
3. Bayu, Yufrizal, Febri, dan Eko. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat CNC Kelas XI SMK Negeri 2 Payakumbuh. Padang: Kampus Air Tawar. Universitas Negeri Padang. Vol-3, Nomor 2. Mei 2021.
4. Boston, Ames 2022. Pengertian Pretest dan Post test. http://amesbostonhotel.com/pengertian-pre-test-dan-post-test.html (diakses tanggal 5 april 2022).
5. Damayanti, Fitria dan Yulistiana. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Siswa SMK. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Volume 10, Nomor 02, Tahun 2021.
6. Dipraya, Nugrah W., dan Suwito Djoko. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Mata Diklat Membaca Gambar Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 7 Surabaya. Surabaya: UNESA. JPTM. Volume o4 Nomor 01 Tahun 2015, 17-25.
7. Eka, Arisma dan Yasa, U., Firman. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran TPS Menggunakan Aplikasi Mach3 Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran CNC Kelas XII Teknik Pemesinan di SMKN 1 Jetis Mojokerto. JPTM: UNESA. Vol 6 No 03 (2018).
8. Fadli, Ilham. 2013. Efektifitas Penggunaan CNC Simulator Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran CNC Dasar di SMKN 6 Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Halaman 49-68.
9. Harefa, Amin Otoni. 2012. Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dalam pembelajaran matematika SMK Swasta Pembda Nias. Jurnal Ilmiah pendidikan.
10. Ibrahim, M. d. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Press.
11. Karolina, D., Rohandi, M., dam Ramdhan, Mohammad. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi: Vol. 1 No. 1, 2021.
12. Kule, K dan Wijaya Hengki. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada Materi Listrik Dinamis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR1 SMK Negeri 2 Tarakan. Tarakan: Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 2 Tahun 2018.
13. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). 2020. Milling Machine HKI. PD. Karya Mitra Usaha http://e-katalog/produk/detail2395482.html (diakses pada tanggal 7 April 2022).
14. Mustiani, Shintia, Iriani, Tuti, dan Arthur Riyan. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X TGB di SMK Negeri 26 Jakarta. Jakarta: JPTS-Vol. 5 No. 2 Tahun 2016.
15. Riyadi, Amru. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Mata Diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
16. Roger dan David. 2013. Strategi Belajar Mengajar. https://kurniawanbudi04.wordpress.com/category/strategi-belajar-mengajar.html WordPress: (diakses pada tanggal 9 april 2022).
17. Siswanto, dan Lestari, ristiana Dwi(2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Keuangan. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial. Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 17, Nomor 2, Tahun 2020.
18. Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
19. Suharsini, Arikunto. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: ALFABETA.
20. Trianto. 2018. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Grafika.
21. Tonapa, Helen dan Sadjiarto, Arif. 2019. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe “Think Pair Share” untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Universitas Kristen Satya Wacana. Vol. 2 No. 1 (2019).
22. Viandari, Eka. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. https://quipper.com/id/blog/info-guru/penelitian-tindakan-kelas.html Quipper Blog: Model PTK Kemmis & McTaggart (diakses pada tanggal 9 april 2022.
23. Wahyuningtyas, D. dan Theodorus W. 2018. Implementasi Kolaborasi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Surabaya. UNESA: JPTM-Vol. 6 No. 03 (2018).
24. Yulastri, Rina Sri dan Silalahi Juniman. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X DPIB SMK Dhuafa Padang. Universitas Negeri Padang. Vol 6 No 3 (2019).
Published
2022-08-11
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 157
PDF Downloads: 90