PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 BANGKALAN

  • Yoga Aristiawan universitas negeri surabaya
  • Wahyu Dwi Kurniawan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

 

Salah satu penyebab rasa bosan pada saat proses belajar mengajar adalah kurangnya variasi pada mode pembelajaran yang dilakukan pengajar. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang lebih variatif untuk menarik minat siswa pada proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran koorperatif. Pembelajaran koorperatif merupakan pendekatan pembelajaran melalui penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar dalam mencapai tujuan belajar. Model yang diangkat dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Think Pair Share. Diharapkan mampu untuk meningkatkan hasil belajar antar siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas. Penelitian ini dilakukan dengan model Kemming dan Taggart yang akan menggunakan dua siklus yang setiap siklus terdiri dari empat tahapan meliputi: Tahap Perancangan Tindakan, Tahap Pelaksanaan Tindakan, Tahap pelaksanaan Tindakan, Tahap Pengamatan Tindakan, dan Tahap Refleksi. Hasil validasi perangkat pembelajaran yang digunakan penelitian meliputi Butir Soal bisa dikategorikan layak digunakan. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 31% pada siklus I dan 93% pada Siklus II sehingga masuk kategori baik dan pada nilai rata-rata pun meningkat pada siklus I sebesar 70,9%  meningkat sebesar 79,5% pada siklus II. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Pair-Share terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada kelas XI TKR 1 di Sekolah SMKN 2 Bangkalan, Madura.

  

Kata kunci: Model Pembelajaran, Pembelajaran koorperatif Think Pair Share, Hasil Belajar.

References

Ahmad, Susanto. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:prenada Media Group
Arsana, I Made & Asy Syahiidu.2017.Penerapan Model Pembelajaran Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran TDO Siswa Kelas X Di Smk Dharma Bahari Surabaya. Skripsi Tidak Diterbitkan. Surabya: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin.Fakultas Teknik. Unesa.
Dipraya, Nugrah.2015. Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Pada Mata Diklat Membaca Gambar Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Vol 4, No 01, 2015.
Eka, Arisma dan Yasa, U., Firman. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran TPS Menggunakan Aplikasi Mach3 Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran CNC Kelas XII Teknik Pemesinan di SMKN 1 Jetis Mojokerto. JPTM: UNESA. Vol 6 No 03.
Hamalik, Umar. 2004. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2011. Pembelajaran Kooperatif. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Gaung Persada (GP) Press, Cipayung-Ciputat.
Kemendikbud. 2015. Panduan Penilaian Pada Sekolah Menengah Kejuruan.Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Menengah Kejuruan.
Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.
Lie, Anita. 2005:44-45. Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas.Jakarta:Grasindo
Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo
Mustiani, Shintia, Iriani, Tuti, dan Arthur Riyan. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X TGB di SMK Negeri 26 Jakarta. Jakarta: JPTS-Vol. 5 No. 2 Tahun 2016.
Nina. 2016. Siklus PTK Gambar 3.0 Model Kemmis Dan Taggart
Noor, Nuralim & Munandar, Imam. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Tipe TAI dan TPS) Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika: EkasperimenPada Kelas X SMK Kosgoro Karawang. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP). STKIP Kusuma Negara.
Praditya*, Carolus & Haryana, Kir.2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Di SMK Negeri 1 Magelang. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, Vol 3, Nomor 1.
Rahayu, Astining. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share Dengan Strategi Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Di SMK Negeri 1 Madiun.Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 2. Surabaya: Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Unesa.
Sagala, Wardijon.2016.Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan TA 2016/2017.Skripsi Tidak Diterbitkan.Medan: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin.Fakultas Teknik. Unimed.
Sa’ud, US 2008. Inovasi Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
Siswanto, dan Lestari, ristiana Dwi 2020. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Keuangan. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial. Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 17, Nomor 2, Tahun 2020.
Slamet. 2001. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tim Penulis. 2014. Buku Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi Unesa. Surabaya: Unesa
Wahyuningtyas, D. dan Theodorus W. 2018. Implementasi Kolaborasi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Surabaya. UNESA: JPTM-Vol. 6 No. 03.
Wijaya, Hengki. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR1 SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika. Vol 3, No 2.
Published
2022-09-06
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 92