INOVASI E-MODUL SEBAGAI PENUNJANG PRAKTIKUM PENGECATAN DI JURUSAN TEKNIK MESIN UNESA

  • Moch Asef Prastiyo Universitas Negeri Surabaya
  • Firman Yasa Utama Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mempunyai tujuan: (1) penyusunan serta pengembangan E-modul praktikum teknologi pengecatan, (2) Mengetahuhi kelayakan E-modul untuk mendukung pembelajaran teknologi pengecatan, (3) Mengetahuhi respon mahasiswa tehadap E-modul praktikum pengecatan. Penelitian dan pengembangan (Research and Development) dipergunakan sebagai pendekatan pada penelitian yang dilaksanakan. Model pengembangan ADDIE dipergunakan sebagai acuan pada penelitian yang dilaksanakan.. Subjek penelitian ini mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya dengan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Otomotif 2020. Penelitian melibatkan 3 dosen ahli dan 1 dosen matakuliah teknologi pengecatan untuk menguji kelaikan modul praktikum. penilaian yang digunakan meliputi 3 poin yaitu nilai respon e-modul pada mahasiswa, penilaian ahli materi serta ahli materi. Dari penelitian ini mendapatkan hasil yaitu: (1) Modul telah dikembangkan menjadi E-modul (Elektronik Modul) praktikum pengecatan pada matakuliah teknologi pengecatan (2), E-modul telah menghasilkan untuk kelayaka sebagai modul untuk menunjang kegiatan praktikum mahasiswa pada ahli media dengan skor seluruh aspek 4,38 yang berkategori sangat baik, skor seluruh aspek 3,98 yang berkategori baik, (3) Menurut hasil respon mahasiswa terhadap pengguna modul mendapatkan skor seluruh aspek 4,15 yang berkategori baik.

Kata Kunci: Pengembangan, Modul pembelajaran Elektronik, Aplikasi E-modul, Teknologi Pengecatan.

References

1. Ariani, R. D. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Smartphone Materi Aksara Murda Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas Viii Di Smp Negeri 4 Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 10(29).
2. Cahyani, R. D. (2018). Pengembangan Media E-Modul Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Dinamika Litosfer Kelas X Ips Sma Terbuka 19 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2).
3. Cecep, K & Bambang, S. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
4. Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media
5. Depdiknas. 2008. Teknik Penulisan Modul Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta: Penulis.
6. Direktorat Jendral Pengembangan Mutu Pendidikan dan Tenaga Pendidikan. 2018. Penulisan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
7. FATHUR ROCY A, M. (2017). Pengembangan Modul Pengecatan Sepeda Motor Pada Mata Pelajaran Teknik Dasar Otomotif (Tdo) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X Smk Negeri 1 Labang Madura. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(02).
8. Miller, M. D., Linn, R. L., & Gronlund, N. E. (2012). Measurement and assessment in teaching: Pearson Higher Ed.
9. OKTAVIANI, D. R. R., & UTAMA, F. Y. (2019). Pengembangan Modul Teknologi Pengecatan Dan Perbaikan Body Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Teknologi Pengecatan Mahasiswa D3 Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9(1).
10. Setio, Mochammad Huda Mei & Utama Firman Yasa. 2018. “Modul Pembelajaran Automotive Painting Process Pada Mata Kuliah Teknologi Pengecatan Kendaraan Mahasiswa S1 Ptm Otomotif Unesa”. Jurnal Penelitian Teknik Mesin. Vol. (06): hal. 20-27.
11. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. ______. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
12. Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
13. Team toyota. 1995. NEW STEP 1: Training Manual. Jakarta: Toyota Astra Motor PT.
14. Widyaningrum, P., & Patrikha, F. D. (2021). Pengembangan E-Modul Dengan Flipbook Maker Kd 3.6 Menganalisis Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel Kelas Xi Bdp Di Smk Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1).
Published
2023-02-13
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 40