EVALUASI PENERAPAN PROGRAM GREEN SCHOOL ADIWIYATA UNTUK MEMBENTUK PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN DAN PEMBENTUKAN SUMBER DAYA MANUSIA DIKALANGAN WARGA SEKOLAH SMK NEGERI 2 PURWOKERTO

  • Wiwit Yuli Saputra Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan lingkungan hidup di sekolah berperan penting dalam pembentukan karakter peduli lingkungan bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melakukan evaluasi penerapan program Green School Adiwiyata di SMK Negeri 2 Purwokerto. Evaluasi dengan pendekatan kualitatif dengan model CIPP. Data dikumpulkan melalui teknik indepth-interview, observasi dan dokumetasi. Sampel dipilih dengan teknik snowball sampling. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah yang diwakilkan humas sekolah, guru dan siswa.

Hasil penelitian ini, yakni dari aspek Context ditemukan bahwa tujuan program Adiwiyata di SMK Negeri 2 Purwokerto sudah tepat yakni meningkatkan siswa peduli dan merawat lingkungan sekolah agar bersih, hijau dan sehat. 

Evaluasi Input meliputi sumber pembentukan organisasi pengurus yang menangani lingkungan hidup. Pada SMK Negeri 2 Purwokerto dikoordinasikan oleh Ibu Ririn Rianasari, S.Kom., selaku ketua Tim Adiwiyata, kemudian dibentuk organisasinya yang terdiri atas para guru pembina dan siswa. 

Evaluasi Process yakni melakukan evaluasi sejauh mana organisasi yang dibentuk telah melaksanakan programnya.  SMK Negeri 2 Purwokerto telah mengadakan program rutin jum’at bersih, perawatan tanaman oleh petugas kebersihan setiap pagi dan sore, piket kelas yang dilakukan setiap hari setelah pembelajaran selesai dan lain-lain.

Evaluasi Product yakni melakukan evaluasi semesteran atau tahunan terhadap program yang telah dibuat oleh sekolah. Berdasar data faktual hasil visualisasi video-foto tambahan bahwa taman sekolah ini terawat baik, ketersediaan air bersih yang layak pakai, lingkungan sekolah yang terawat bersih dan rapi, ruang kelas yang bersih dan pencahayaan yang baik serta suasana nyaman dan segar hasil upaya yang dilakukan para siswa.  

Kata Kunci: Evaluasi; Program Green School; Perilaku Peduli Lingkungan

References

1. Arsana, Made, Akmaludin, Dkk. (2021). Kajian Tingkat Emisi Mobil di Kota Besar dan Pencegahannya: Bukti dari Surabaya, Indonesia. Surabaya: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Teknik Mesin UNESA.
2. Aqib, Zainal. Pendidikan Karakter di Sekolah: Membangun Karakter dan Kepribadian Anak, Cet. I. (Bandung: Yrama Widya, 2012).
3. Denok Sunarsi, S.Pd., M.M., CHt. 2019. Seminar Sumber Daya Manusia. Tanggerang Selatan: S-1 Manajemen Universitas Pamulang.
4. Endang Haris, dkk., Sekolah Adiwiyata panduan implementasi Adiwiyata mandiri di sekolah. (Jakarta: Erlangga, 2018), hlm. V
5. Fridantara, A. S. 2015. Implementasi Program Adiwiyata di SMA Negeri 2 Kelaten. Skripsi: UNY.
6. Hamid, Abdul (2020) “Pengembangan Sumber Daya Manusia” https://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/berita/pengembangan-sumber-daya-manusia-sdm, diakses pada senin 12 juli 2021, Pukul 16.30.
7. Hamzah, S. 2013. Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: Refika Aditama
8. Kania Sitisyarah dan Ramadhanita Mustika, Penerapan Program Adiwiyata di SMP Negeri 13 Palembang. Jurnal Manajemen, Kepemimppinan dan Supervisi Pendidikan Vol 2, No. 1, Januari 2017, hlm. 145
9. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan.
10. Lilis, Lin & Veryliana. (2019). Kultur Sekolah Berbasis Adiwiyata di Sekolah Dasar dalam Menguatkan Karakter Peduli Lingkungan. Indonesian Values and Character Education Journal. Vol 2 No 2, p-ISSN: 2615-4684 e-ISSN: 2615-6938
11. Rimbano, Dheo dan Mutiara Rahma “Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Di Sekolah Menengah Atas”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Volume 24 No. 3, Desember 2019.
12. SA Rajper, S. Ullah, dan Z. Li, "Paparan polusi udara dan efek yang dilaporkan sendiri pada siswa Cina: Sebuah studi kasus dari 13 kota besar," PLoS One, vol. 13, tidak. 3, hlm. 1–21, 2018, doi: 10.1371/journal.pone.0194364.
13. Tim Teknis Kementrian Lingkungan Hidup RI. Panduan Singkat menjadi Sekolah Adiwiyata. (Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup RI, 2012).
14. Nur Rokhmah, Ummi “pelaksanaan program adiwiyata sebagai upaya pembentukan karakter peduli lingkungan siswa di madrasah ibtidaiyah” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Vol. 13, No. 1, Hal. 69-70 Januari-Juni 2019
15. Kurniadin, D., & Machali, I. 2012. Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolahan Pendidikan. Yogjakarta: Ar-ruzz Media.
16. Harijany, Eny. 2012. Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Iklim Sekolah dan Dampaknya Pada Kefektifan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Survei Pada Guru di Lingkungan SD Negeri Terakreditasi A Kota Surabaya”. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
17. Agus Setiawan. 2014. Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran al-Ghazali dan Burhanuddin al-Zarnuji). Dinamika Ilmu, 14 (1).
Published
2023-03-24
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 198
PDF Downloads: 193