PENGARUH MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK

  • Muhammad Irham Nurtsani Universitas Negeri Surabaya
  • Rachmad Syarifudin Hidayatullah
Keywords: media prezi, hasil belajar, siswa

Abstract

Abstrak
Di SMK Krian 2 Sidoarjo khususnya kelas X Teknik Kendaraan Ringan dalam proses belajar mengajar
masih menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis dengan
bantuan Lembar Kerja Siswa. Oleh karena itu, siswa kurang menangkap pesan dari materi karena belum
adanya gambar visual yang jelas sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu yang
dapat menanggulangi masalah tersebut yaitu mengevaluasi media pembelajaran yang lebih inovatif dan
menarik agar siswa mampu menangkap materi dengan jelas dan diharapkan hasil belajar siswa mengalami
peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran
prezi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Nonequivalent
Control Group Design atau bisa disebut dengan desain grup yang tidak setara, Hasil uji T dari penelitian ini
menunjukkan T hitung lebih besar dari T table (6,356>2,036) sehingga Ha2 yang menyatakan ada pengaruh
media pembelajaran prezi terhadap hasil belajar siswa diterima dengan besar pengaruh 46,6%.
Kata Kunci: media prezi, hasil belajar, siswa

References

1. Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
2. Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Matakuliah Analisis Vektor. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika,3(2),209–222. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp209-222
3. Meidina, R., & Rizal, M.Pd, M.T, D. F. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Prezi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar – Dasar Konstruksi Bangunan Di Kelas X Tgb Smkn 5 Padang. Cived, 6(3). https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106230
4. Rosyad, A. M., & Indramayu, U. W. (2020). ISLAM DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI DI INDONESIA, 3(1), 75–99.
5. Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
6. Wulandari, A. R., Masturi, M., & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779–3785. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251
7. Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.
8. Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192–201.
9. Palupi, R., Yulianna, D. A., & Winarsih, S. S. (2021). Analisa Perbandingan Rumus Haversine Dan Rumus Euclidean Berbasis Sistem Informasi Geografis Menggunakan Metode Independent Sample t-Test. JITU : Journal Informatic Technology And Communication, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.36596/jitu.v5i1.494
10. Purnomo. (2016). ANALISIS STATISTIK EKONOMI DAN BISNIS DENGAN SPSS. Ponorogo: WADE GROUP. Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
11. Suliyono. (2010). 6 Hari Jago SPSS. Yogyakarta: Cakrawala.
Published
2023-06-01
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 23