EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN HYBRID GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF KELAS X TKRO 1 SMK KOSGORO 1 BALONGBENDO

  • Fahmi syarifudin rohmatulloh unesa
  • Dr. Soeryanto M.Pd. , Universitas Negeri Surabaya
Keywords: efektivitas google classroom, keterampilan kolaborasi, hasil belajar

Abstract

Abstrak

Salah satu cara dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia ialah melalui Pendidikan. Salah satu indikator dalam menghasilkan generasi peenrus bangsa yang berkualitas di dunia Pendidikan ialah dengan meningkatkan hasil belajar peserta didik agar mampu mencapai batas minimum KKM.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa kajian yakni: 1) mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran hybrid pada aplikasi google classroom, 2) mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran hybrid google classroom dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, dan 3) mengetahui penerapan pembelajaran hybrid google classroom dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMK Kosgoro 1 Balongbendo pada peserta didik kelas X TKRO 1 pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif utamanya pada materi baterai. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kombinasi kuantitatif dan kualitatif dengan cara melihat hasil belajar peserta didik pada materi yang disediakan dengan mengkorelasi pada rancangan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru apakah sudah sesuai atau belum antara rancangan yang dibuat dengan media pembelajaran yang digunakan. Hasil tersebut kemudian dianalisis agar mendapatkan hasil efektivitas pada penggunaan media pembelajaran dengan aplikasi google classroom pada hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelasX TKRO sebanyak 19 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan hasil belajar peserta didik dan juga angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk melihat gambaran secara umum kemudian diolah dan dianalisis dengan cara melihat perangkat pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru, sumber belajar dan media yang digunakan.

Kata Kunci: efektivitas google classroom, keterampilan kolaborasi, hasil belajar

References

1. Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
2. Aprillia Putri Utami & Dewanto. (2013). Pelajaran Teknologi Mekanik Siswa Kelas X Pada Penerapan Pendekatan Saintifik Smkn 1 Kediri Aprillia Putri Utami. Dewanto Abstrak.Jptm,5(3),17–26. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/18836
3. Baidowi, A & Dewanto. (2019). Penerapan Model Market Place Activity (Mpa) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X Tkr 1 Smk Negeri 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8(2), 1–12.
4. Darmawan, D. D. (2018). Penerapanan Kurikulum 2013 Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi, Hasil Belajar Dan Respon Siswa Kelas X Tkr 1 Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Di Smkn 1 Kalianget. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin.
5. Daud, A & Dewanto. (2016). Impelementasi Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Smk Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 5(01), 250367.
6. Desyana, L. V, 2019, Efektivitas Penggunaan Media Kahoot pada Kegiatan Penutup Pembelajaran Matematika Materi Aturan Sinus dan Cosinus di Kelas X MIPA 4 SMA Stella Duce 1 Yogyakarta, Skripsi, Universitas Sanata Dharma.
7. Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
8. Hanifah, Nanang dan Cucu Suhana, 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
9. Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2004
10. Popham, W. James. 2003. Teknik Mengajar Secara Sistematis (Terjemahan). Jakarta: Rineka Cipta
11. Sinambela, N.J.M.P. 2006. Keefektifan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction) Dalam Pembelajaran Matematika untuk Pokok Bahasan Sistem Linier dan Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan Sumatera Utara. Tesis. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya.
12. Supardi. Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers, 2013
Published
2023-07-10
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 11