PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN CNC TURNING KELAS XI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK SEMEN GRESIK
Keywords:
Video Pembelajaran, CNC Turning, Model Peter Fenrich, Kelayakan, Respon siswa, Hasil BelajarAbstract
Abstrak
Kemajuan teknologi semakin mendorong inovasi dalam kegiatan proses belajar mengajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran CNC Turning dan untuk mengetahui kelayakan, respon siswa, dan hasil belajar terkait dengan implementasi media video pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan Peter Fenrich. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Teknik Pemesinan SMK Semen Gresik dengan jumlah 28 orang. murid yang mengampu mata pelajaran CNC Turning dalam 1 semester selama tahun pelajaran 2022/2023. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan survei. Kelayakan media video pembelajaran memperoleh rerata sebesar 3,68 dengan persentase 92% dan tergolong sangat layak. Hasil belajar siswa didasarkan pada penguasaan materi dengan nilai KKM, pada hasil pre-test lulus 21% dan nilai hasil post-test lulus 100%. Uji Normalitas Gain menghasilkan rerata nilai sebanyak 0,5836 dengan efisiensi pada kategori sedang. Pada respon siswa rerata nilai sebesar 3,8, dari sini dapat disimpulkan jika media video pembelajaran memperoleh reaksi yang baik dari peserta didik kelas 11 Jurusan Teknik Pemesinan SMK Semen Gresik tesebut.
Kata Kunci: Video Pembelajaran, CNC Turning, Model Peter Fenrich, Kelayakan, Respon siswa, Hasil Belajar.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

