PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DOUBLE PIPE HEAT EXCHANGER UNTUK MAHASISWA TEKNIK MESIN UNESA

  • Muhammad Rifandiansyah Pratama Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Perpindahan kalor merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Teknik Mesin UNESA yang mencakup materi konduksi, radiasi, dan konveksi. Dalam pelaksanaan pembelajaran mahasiswa mengalami kendala terkait alat penukar panas secara konveksi paksa khususnya pada pipa ganda yang tidak memiliki panduan praktikum. Hal tersebut mengakibatkan mahasiswa tidak bisa melaksanakan praktikum pada alat penukar kalor pipa ganda. Peneliti berupaya mengembangkan modul praktikum alat penukar kalor pipa ganda pada materi konveksi paksa dengan harapan dapat membangkitkan motivasi belajar mahasiswa pada tahun berikutnya. Tujuan peneliti ini adalah mengembangkan modul praktikum alat penukar kalor pipa ganda yang dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dalam mempelajari penukar panas konveksi paksa serta didukung oleh penilaian dosen validator modul. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan teknik analisis deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan instrumen validasi kepada dosen validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul penukar kalor pipa ganda dinilai sangat user friendly. Hal ini berdasarkan skor 3,32 dari tiga dosen ahli materi, skor 3,43 dari ketiga dosen ahli desain, dan skor 3,61 dari ketiga dosen ahli bahasa. Pengembangan modul alat penukar kalor pipa ganda pada materi konveksi paksa dinyatakan user friendly untuk digunakan sebagai panduan dalam melaksanakan praktikum.

Kata Kunci: Modul, Validasi Modul, dan Alat Penukar Panas Pipa Ganda

References

1. Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
2. Arsana, I Made. & Devi, I Komang. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Wire and Tube Heat Exchanger Trainer Untuk menunjang mata kuliah perpindahan panas Teknik Mesin Unesa. JTM Volume 07 No 3 Tahun 2015, 1-7.
3. Arsana, I Made., & Ariyanto, (2016). Development of the Radiator Trainer Module as a Support for Heat Transfer Courses for D-III Mechanical Engineering Students at Surabaya State University. J. Pendidik. Teknik Mesin, 5(01), 28-33.
4. Arsana, I Made., Ardiansyah Okky Prabowo., & Suhadi. 2019. Development of the Automotive Meter Module in the Unesa Mechanical Engineering Heat Transfer Laboratory. JVTE: Journal of Vocational and Technical Education - Volume 02, Nomor 01, Maret 2020: 7-13.
5. Arsana, I Made., Alfian Agus Pratama. 2018. Pengembangan Modul Sheel And Tube Heat Exchanger untuk meningkatkan hasil belajar mata kuliah perpindahan panas pada mahasiswa S1 Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. JPTM Volume 07 No 03 Tahun 2018, 59-64.
6. Daryanto. 2013. Menyusun Modul: Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
7. Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.
8. JTM. (2006/2007). Hasil Pembelajaran Perpindahan Panas. Surabaya: UNESA
9. Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia
10. Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.
11. Riduwan. 2012. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
12. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
13. Thiagarajan, S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indianapolis: Center for Inovation in Teaching the Handicapped.
14. Trianto, Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Konstekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
15. UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Published
2023-07-28
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 34