PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM REM BERBASIS PROTOTYPE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 SAMBENG LAMONGAN

  • RANDY ILHAM EKO LAKSONO UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Soeryanto Soeryanto UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Proses pembelajaran melibatkan banyak komponen yang diantaranya peserta didik, pendidik, tujuan pembelajaran, isi pembelajran, metode mengajar, media dan evaluasi serta merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai fasilitator. Media pembelajaran memiliki 3 fungsi yaitu: (1) memotivasi minat atau tindakan peserta didik, (2) menyiapkan informasi dan (3) memberikan instruksi. Sistem rem merupakan salah satu kompetensi pada mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat belajar peserta didik pada mata pelajran pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga yang menggunakan media alat peraga atau prototype. Teknik pengumpulan data yang akan dilakukan adalah analisis kebutuhan media pembelajaran peserta didik dan pengembangan media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dengan mencari nilai rata-rata uji prasyarat analisis serta mengolah kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah media ajar di sekolah dalam mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga. Hasil penelitian ini adalah Media pembelajaran dikembangkan berdasarkan model pengembangan Luther yang terdiri dari 6 tahapan yaitu: konsep, perancangan, pengumpulan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Produk akhir dari media pembelajaran berupa sebuah prototype yang terbuat dari bahan dasar kayu sebagai alat peraga sistem rem. media pembelajaran materi sistem rem, berhasil menarik minat siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Sambeng Lamongan. Hasil tersebut dapat dilihat dari nilai persentase angket respon siswa yang tertarik terhadap media pembelajaran yaitu 95% yang berarti siswa sangat tertarik menggunakan alat peraga/prototype untuk mempelajari materi sistem rem.

References

1. Arikunto,2002, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Jakarta : PT Rineka Cipta
2. Azhar Arsyad, 2011, Media Pembelajaran, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Djaali, 2015, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara
3. Amir Hamzah, 1981 bahwa Alat Peraga http//fairuzelsaid,wordpress,com
/2011/05/24/ pengertian-dan-tujuan-alat-peraga-pendidikan, Pada tanggal 25 April 2019
4. Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Kuantitatif Lua;itatif dan R&D, Bandung: Alfabeta,
5. Suharsimi, Arikunto, (2013), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatn Praktik,
Jakarta:PT Rineta Cipta,
6. Djamarah (2006: 47) Arikunto, Suharsimi,1996, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, Pada jurnal Anton Mujahid dwianton30@yahoo,co,id
7. Education Association (1969) http://maniscantikindah, Blogspot,co,id/2016/06/ makalah-proses-belajar-belajar-mengajar,
8. Arifin, Zainal, 2012, Model Penelitian dan Pengembangan, Bandung : PT Remaja rosdakarya
9. Ali, Mohammad, dan Muhammad, Asrori, 2014, Metodologi dan Aprikasi Riset Pendidikan, Jakarta :PT Bumi Aksara
10. Samsudi, 2006, Desain Penelitian Pendidikan, Semarang : UNNES Press
Published
2023-08-01
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 57