PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PERKAKAS TANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA X TPM 1 SMKN 2 SURABAYA

  • Devit Rivandi S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Arif Irfai Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, module development, hand tools, validation

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul yang layak digunakan pada pembelajaran
Perkakas Tangan di Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 2 Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan. Metode penelitian yang digunakan mengadopsi pada model pengembangan 4D
(Four-D Model) yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan
(design) dan tahap pengembangan (develop). Dalam penelitian ini yang bertindak sebagai responden
adalah 9 guru SMKN 2 Surabaya, 3 guru pengajar kompetensi keahlian Perkakas Tangan di Jurusan
Teknik Mesin SMKN 2 Surabaya dan 12 siswa X TPM 1 Jurusan Teknik Mesin Produksi SMKN 2
Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar angket dan
lembar test. Analisis data dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas modul
pembelajaran Perkakas Tangan yang dihasilkan, serta untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap
modul pembelajaran Perkakas Tangan yang dikembangkan.
Berdasarkan hasil penelitian, ditunjukkan bahwa modul pembelajaran Perkakas Tangan yang
dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Perkakas Tangan. Hal ini dapat
dilihat dari hasil validasi modul oleh 9 guru SMKN 2 Surabaya ahli teknik, ahli bahasa, dan ahli desain
yakni sebesar 4,28, serta prosentase respon guru terhadap modul sebesar 86,34.% dan prosentase respon
siswa sebesar 84,16%, di mana hasil tersebut jika diinterpretasikan pada Skala Likert, masuk dalam
kriteria valid dan sangat baik. Modul pembelajaran Perkakas Tangan yang dikembangkan juga telah
terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa X TPM 1 SMKN 2 Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan
hasil pre-test sebelum penerapan modul dan post-test sesudah penerapan mudul terdapat perbedaan, nilai
post-test lebih baik dari pada nilai pre-test, terbukti dengan didapatkan thitung sebesar 9,10, hasil ini lebih
besar daripada nilai kritis sebaran t = 1,7966.
Kata kunci : pengembangan modul, perkakas tangan , validasi
Abstract
This research aims to produce a decent module used in learning Hand Tool in the Mechanical
Engineering Department of SMK Negeri 2 Surabaya. This type of research is the development of
research. The method used in the model of development adopted the 4D (Four - D Model) which consists
of four phases: definition (define), stage design (design) and stage of development (develop). In this
research who were the respondents are 9 teachers SMK 2 Surabaya, 3 teachers' as well as teaching
competence of Hand Tool expertise in the Department of Mechanical Engineering SMKN 2 Surabaya and
12 students of X TPM 1 in the Mechanical Engineering Department of SMK Negeri 2 Surabaya. The
research instrument used to collect data in the form of sheets and sheet test questionnaire. Data analysis
was performed to determine the feasibility and effectiveness of the learning module generated Hand Tool,
as well as to study the response of teachers and students about Hand Tool modules developed.
Based on the results of the study, it was shown that the learning modules developed Hand Tool fit for use
in study subjects Hand Tool. It can be seen from the results of the validation module by 9 teachers SMK 2
Surabaya engineers, linguists, and experts design which is equal to 4.28, and the percentage of teacher
responses to the module at 86.34%, and the percentage of student responses by 84.16 %, in where the
results when interpreted on a Likert scale, in the criteria valid and very well. Hand Tool learning modules
developed also been shown to improve student learning outcomes X 2 TPM 1 SMK Surabaya. This is
indicated by the results of pre-test before to application modules and post-test after the application of
mudul there is a difference, the value of the post-test better than the pre-test value, as evidenced by tcount
obtained 9.10, this result is greater than the critical value distribution of t = 1.7966.
Keywords: module development, hand tools, validation
Published
2014-01-09
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 246