PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN MENJELASKAN PROSES-PROSES MESIN KONVERSI ENERGI DI KELAS X TKR SMKN 3 BOYOLANGGU TULUNGAGUNG

  • Tri Agung Sulistyono
  • I Made Arsana
Keywords: Kata Kunci, Pengembangan Modul, Menjelaskan Proses-Proses Mesin Konversi Energi, Kualitas Pembelajaran, Prestasi Belajar.

Abstract

Abstrak

Pendidikan mempunyai peranan yang penting untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), Harus disadari bahwa proses pendidikan selalu diarahkan untuk menyediakan atau membentuk tenaga terdidik yang profesional bagi kepentingan bangsa Indonesia. Pendidikan yang berkualitas merupakan hal yang penting yang merupakan dasar kualitas manusia Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui perbaikan-perbaikan baik sarana maupun prasarana pendidikan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan model 4-D yang terdiri dari tahap penetapan (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (desceminate). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan. Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar validasi modul, tes ketuntasan hasil belajar, dan angket respon siswa. Data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif.

Dari hasil penelitian ditunjukkan bahwa modul menjelaskan proses-proses energi yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran menjelaskan proses-proses mesin konversi energi. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi modul oleh dosen ahli bidang materi, desain, dan bahasa dengan nilai total rata-rata sebesar 3,26 (hasil validasi termasuk kategori baik). Selain itu, hasil dari tes ketuntasan hasil belajar uji coba kelas terbatas dari 10 siswa menunjukkan ketercapaian ketuntasan belajar sebesar 100% setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran menjelaskan proses-proses mesin konversi energi dengan nilai terendah 83 dan nilai tertinggi 90. Serta diketahui respon siswa terhadap penggunaan modul menjelaskan proses-proses mesin konversi energi mendapat respon yang baik. Hal ini diketahui dari jawaban pertanyaan poin 1: 100% menarik; poin 2: 90% menarik; poin 3: 80% menarik; poin 4: 100% menarik; poin 5: 100% ya; poin 6: 90% ya; poin 7: 90% ya; poin 8: 90% ya.

ABSTRACT

 

Education has an important role to improve the human resources (HR), should be realized that the educational process is always directed to provide energy or to form a professional educated in the interests of the Indonesian people. Quality education is essential to a quality policy in Indonesia. Therefore, the government should continue working to improve the quality of education through improvements to the infrastructure of facilities and good education.

Research method used in this study refers to the 4-D model development consisting of stage-setting (define), stage design (design), stage of development (develop) and the deployment phase (desceminate). The subjects were students of class X Mechanical Light Vehicle. The research instrument used was sheet module validation, test mastery of learning outcomes and student questionnaire responses. Research data were analyzed by quantitative descriptive analysis techniques.

From the results of the study indicated that the module describes the processes which were developed viable energy use in studying the subject describes the processes of energy conversion machines. It can be seen from the results of the validation module by expert lecturers field of materials, design, and languages ​​with a total average value of 3.26 (validation results including both categories). In addition, the results of the test completeness learning outcomes trial limited class of 10 students showed mastery learning achievement of 100% after participating in learning by using learning module describes the processes of energy conversion machine with the lowest value and highest value 83 90. As well known to students' response to the use of module describes the processes of energy conversion machine got a good response. It is known to answer questions from points 1: 100% interesting; 2 points: 90% draw; 3 points: 80% draw; 4 points: 100% interesting; 5 points: 100% yes; 6 points: 90% yes; 7 points : 90% yes; 8 points: 90% yes.

Published
2014-03-01
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 43