PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA KOMPETENSI DASAR MENGUJI BATERAI KELISTRIKAN OTOMOTIF KELAS XII DI SMK PGRI 1 LAMONGAN

  • Najmul Hidayat Hidayat
  • Djoko Suwito Suwito
Keywords: Learning, Problem-based activities of students, Student Interest, Student Learning Outcomes

Abstract

Penggunaan model pembelajaran adalah suatu usaha yang dilakukan oleh
guru agar seorang siswa dapat maksimal dalam memahami materi pelajaran, sehingga
setelah melakukan pembelajaran siswa akan memiliki kompetensi sebagaimana
tuntutan dari materi pelajaran yang dipelajari. Berdasarkan hasil observasi dan
interview langsung oleh peneliti dengan semua guru pada kompetensi dasar menguji
baterai kelistrikan otomotif mereka selalu menggunakan metode ceramah dalam setiap
proses pembelajaran. Penyampaian materi yang seperti ini akan membuat siswa bosan
sehinga berakibat prestasi siswa akan menjadi rendah dan dapat mempengaruhi proses
belajar mengajar dan hasil belajar siswa juga selama proses pembelajaran masih
tergolong rendah tidak mencapai KKM ≥ 75. Berdasarkan kajian tersebut, salah satu
upaya adalah dengan penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah. Tujuan
dari penerapan model ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa,
hasil belajar siswa dan minat belajar dalam pembelajaran.
Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
berdasarkan masalah dengan subjek siswa kelas XII TKR I dan aktivitas guru
mengajar di SMK PGRI 1 Lamongan dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Setiap siklus ada empat tahap yakni tahap: 1) perencanaan, 2)
pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, tes, dan angket respon
minat siswa. Analisis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif.
Aktivitas guru, aktivitas siswa dan angket respon siswa diukur menggunakan skala
likert sedangkan hasil belajar siswa dapat dilihat pada hasil belajar klasikal dapat
tercapai apabila nilai siswa ≥ 75 dan ketuntasan klasikal ≥ 80%.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dalam menyiapkan RPP adalah
81,36 % (sangat baik) dan aktivitas guru dalam menerapkan RPP adalah 81,46 %
(sangat baik). Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran adalah 80, 62 % (baik).
Respon minat siswa terhadap penerapan model pembelajaran masalah adalah 91,12 %
(sangat baik). Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I adalah 15 siswa dengan
ketuntasan klasikal 60 % dan pada siklus II adalah 20 siswa dengan ketuntasan
klasikal 80 %. Adanya peningkatan hasil tes siswa dengan adanya perlakuan guru
yang lebih dari siklus pertama, seperti adanya bimbingan pada siswa yang mengalami
kesulitan pada saat diskusi dan adanya solusi pada proses diskusi.

The use of a model of learning is an attempt made by the teacher that a
student can be maximized in understanding the subject matter, so that after learning
of students will have the competence as well as the demands of the subject matter being studied. Based on the results of observation and interview directly by
researchers with all the teachers in basic competence test battery Automotive
electrical they are always using the method of lecturing in every learning process.
The submission of material like this will make students bored so result in student
achievement will be low and may affect the teaching and learning process and
learning outcomes of students also during the learning process is still relatively low
does not reach the KKM ≥ 75. Based on these studies, one of the efforts is by
application of the learning model based on the problem. The purpose of the
application of this model is to increase the activity of the teacher, student activities,
student learning outcomes and learning interest in learning.
The object in this research is the application of the model of learning based
on the subject matter with the students of class XII TKR I and the activity of teachers
teaching in SMK PGRI 1 Lamongan by using this type of class action Research
(PTK). Each cycle there are four stages of the 1) planning phase, 2) implementation,
3) observation, and 4) reflection. The collection of data in this study using activity
observation sheet teacher, student activities, test, and the now the response of interest
students. Analysis of the data acquired is qualitative and quantitative data. The
activity of the teacher, the student activity and student response now measured using
the likert scale and the student learning outcomes can be seen on the results of
classical learning can be achieved if the value of ≥ 75 and students of classical
ketuntasan ≥ 80%.
The results showed the activity of the teacher in preparing the RPP is
81,36% (very good) and the activity of the teachers in implementing the RPP is
81,46% (very good). Student activities during the following learning is 80, 62% (very
good). Student interest in response to the application of the model of learning
problems is 91,12% (very good). Learning outcomes students who complete the cycle
I was 15 students with 60% of classical and ketuntasan on cycle II was 20 students of
classical ketuntasan with 80%. An increase in student test results with the presence of
a teacher over treatment of the first cycle, such as the guidance on students who are
having difficulties at the moment of the discussion and any solution on the process of
discussion

Published
2014-04-25
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 25