Penerapan Permainan Bingo Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Pada Mata Pelajaran Alat Ukur di SMK Antartika 1 Sidoarjo

  • CANDRA ALIM S

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan permainan bingo dalam model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada mata pelajaran alat ukur di SMK Antartika 1 Sidoarjo, (2) Untuk mengetahui respons siswa terhadap penerapan permainan bingo dalam model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada mata pelajaran alat ukur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian deskriptif yaitu penelitian yang mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang sedang terjadi. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paradigma sederhana. Hasil validasi perangkat pembelajaran sebagai berikut; (1) Silabus 85,32% (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 82,99%, (3) Lembar Kerja Siswa 86,57%, (4) Butir Soal 87,73%. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif dilakukan dengan pre test-post test. Berdasarkan analisis nilai pre test-post test dengan uji-t dua pihak diperoleh thitung = 11,15 > ttabel = 2,028 dengan α = 0,05, jadi terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan permainan bingo dalam model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Ini dapat dilihat dari nilai pre test yang didapat sebesar 55,14 sementara pada post test didapat nilai 79,5. Dengan demikian nilai post test tersebut sudah sesuai dengan KKM yang diterapkan oleh SMK Antartika 1 Sidoarjo yaitu ≥75. Pada ranah afektif dilaksakanakan dengan melakukan pengamatan terhadap kinerja afektif siswa. Berdasarkan hasil kinerja afektif siswa pada pertemuan pertama didapatkan nilai 98, pertemuan kedua 97 dan pertemuan ketiga 97. Sementara pada ranah psikomotor dilakukan dengan mengamati kinerja psikomotor siswa dan didapat nilai 84. Respon siswa terhadap penerapan permainan bingo dalam model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) secara keseluruhan adalah positif dengan rata – rata   86,49% dan termasuk kriteria respon sangat baik.

 

Kata Kunci :  pembelajaran kooperatif tipe NHT, permainan bingo, hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor.

Published
2014-05-19
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 58