PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PRAKTIKUM SISTEM KELISTRIKAN BODY OTOMOTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA D3 TEKNIK MESIN UNESA

  • APRI Sugian SUGIAN HADY S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, Contextual Learning (CTL), Learning Outcomes

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual (CTL) mata kuliah kelistrikan body otomotif. Melalui penerapan model pembelajaran kontekstual memungkinkan terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif sehingga kualitas pembelajaran meningkat, baik ditinjau dari respon, dan ketuntasan belajar mahasiswa
Mahasiswa yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas D3 Otomotif 2010 semester ganjil yang terdiri dari 11 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus setiap siklus mempunyai tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pengamatan aktivitas mahasiswa, lembar tes hasil belajar, angket mahasiswa.
Seorang mahasiswa dapat dinyatakan telah tuntas belajar bila telah mencapai skor 70 (dengan nilai B) menurut Pedoman Konversi Nilai UNESA Tahun Akademik 2011/2012. Secara klasikal suatu kelas telah tuntas belajar bila dikelas terdapat > 70 % dari mahasiswa yang tuntas belajar individu. Dengan menggunakan metode CTL diharapkan bahwa ketuntasan belajar mahasiswa mengalami peningkatan dari siklus 1, siklus 2.
Hasil persentase aktivitas dosen pada siklus I sebesar 68,63% maka. Pada siklus II persentasenya sebesar 86,4% tergolong Baik. Sedangkan hasil persentase aktivitas mahasiswa adalah pada siklus I mahasiswa yang aktif bertanya presentasenya hanya 18,3% serta mahasiswa yang melaksanakan perilaku tidak relevan sebesar 18,3%. Tetapi hasil ini berubah pada siklus II, mahasiswa yang aktif bertanya meningkat presentasenya menjadi 25,3% sedangkan yang berperilaku tidak relevan menjadi turun presentasenya menjadi 7,05%. Hasil belajar mahasiswa pada siklus I ketuntasan ada 1 mahasiswa tidak tuntas maka perlu diperbaiki pada siklus II. Pada siklus II ketuntasannya 100% kategori sangat baik. Respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran CTL pada kategori baik dengan persentasenya sebesar 79,9%.
Kata kunci: Pembelajaran kontekstual (CTL), Hasil Belajar
Abstract
This study aims to improve student learning outcomes by applying the model of contextual learning (CTL) automotive body electrical courses. Through the application of contextual learning model allows the creation of a conducive learning environment that increases learning quality, both in terms of response, and mastery learning students
Students who object used in this study were student grade D3 Automotive 2010 semester consisting of 11 students. This research is study class actions (Classroom Action Research) with two cycles each cycle has stages, planning, action, observation and reflection. Data obtained from this study were collected and analyzed qualitative description, while the instruments used in this study include student activity sheet observations, test sheets learning outcomes, student questionnaires.
A student may be deemed to have thoroughly learned when it reaches a score of 70 (with a B) under the Code Conversion Value UNESA Academic Year 2011/2012. Traditionally a class has been thoroughly studied in class if there is a> 70% of the students who completed individual learning. By using the CTL is expected that mastery learning students has increased from cycle 1, cycle 2. The results of the percentage of faculty activities in the first cycle of 68,63% then. In the second cycle the percentage of 86,4% classified as good. While the outcome was percentage of student activity in the first cycle of students actively ask only 18.3% and the percentage of students who perform irrelevant behavior of 18.3%. But the results of this changed in the second cycle, students actively ask the percentage increased to 25.3%, while the behavior is not relevant to the percentage dropped to 7.05%. Student learning outcomes in the first cycle of completeness there is one student did not complete it needs to be repaired on the second cycle. In the second cycle 100% excellent category. Student response to the application of the learning model CTL in both categories with the percentage of 79.9%. Keywords : Contextual Learning (CTL), Learning Outcomes

Published
2013-01-22
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 32