PENERAPAN METODE RESITASI MANDIRI BERBASIS KARAKTER PADA MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MNINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA XI TKR II SMK PGRI I SIDOARJO

  • EKO Edi EDI SAPUTRO S1Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, Independent recitation Metthod, Student Learning Outcomes

Abstract

Abstrak
Pencapaian ketuntasan klasikal dalam hasil belajar sulit dicapai. Kenyataan
yang dihadapi di lapangan terkait dengan kemampuan kemandirian siswa SMK pada
umumnya mengalami kesulitan untuk mencapai hasil belajar yang mandiri dan hal ini
memicu terjadinya penurunan semangat belajar siswa dan sifat karakter seorang siswa
SMK, sehingga pembelajaran dalam bentuk metode ceramah saja tidak cukup untuk
membentuk karakter siswa. Salah satu peluang untuk memberikan pengalaman kepada
siswa dalam pembentukan karakter adalah dengan menggunakan metode resitasi
mandiri yang dianalisis berbasis karakter. Dengan penrapan metode tersebut bertujuan
untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode
resitasi yang dianalisis. Pada siklus pnelitian tindakan kelas masing-masing siklus
berisikan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini
menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Untuk subyek penelitian ini adalah
Siswa kelas XI TKR II SMK PGRI I Sidoarjo pada standar kompetensi Overhoul
sistem pendingin, dengan instrumen penelitian berupa lembar pengamatan dan tes
resitasi yang dianalisis. Hasil belajar siswa dapat tercapai jika siswa dapat mencapai
ketuntasan ≥ 80% dalam belajar pada setiap tujuan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pengajar dalam menyiapkan
RPP dan Skenario siklus I dan siklus II mencapai hasil rata-rata 77,7% tergolong baik,
kemampuan pengajar dalam menerapkan RPP dan Skenario siklus I dan siklus II
mencapai hasil rata-rata 77% tergolong kriteria baik, aktivitas siswa siklus I dan
Siklus II mencapai hasil rata-rata 77,8% tergolong kriteria baik, dan rspon siswa
mencapai 85,2% tergolong kriteria sangat baik, sedangkan hasil belajar siswa sebelum
dilakukan penerapan metode jumlah siswa 49 siswa, jumlah siswa yang tuntas ada
sebanyak 36 siswa dengan persentase 73,3%. Setelah dilakukan penerapan hasil
penelitian pada siklus I siswa yang tuntas ada sebanyak 38 siswa dengan persentase
76%, dan hasil penelitian pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 41 siswa dengan
persentase 85,4%.
Kata Kunci : Metode Resitasi Mandiri, Hasil Belajar Siswa
Abstract
Achievement in classical completeness difficult to achieve learning outcomes.
Realities encountered in the field associated with independent ability students of SMK
generally have difficulty to achieve the learning outcomes wich independent and this
is triggering decrease students' enthusiasm for learning and the caracter a student of
SMK, So that learning in the form of lecture methods not enough to form the character
of students One of the opportunities to provide experience to students in the formation
of character is by using the method of character basic recitation independent of
analyzed. With the application of these methods aim to improve student achievement.
This research is action research PTK with the method of character basic
recitation independent of analyzed on each classroom action research cycle - each
cycle consists of planning, action, observation and reflection.This study used a
descriptive qualitative. For an object of this research is the grade XI TKR II SMK
PGRI I Sidoarjo on standard of competence overhaul cooling system with a research
instrument in the form of sheets of observations and recitation tests were analyzed..
Student learning outcomes can be achieved if students can achieve mastery ≥ 80% in
learning on each learning objective.
The results showed that the ability of teachers to RPP prepare and scenarios
cycle I and cycle II achieved an average yield of 77.7% classified as good, the ability
of teachers to implement the RPP and Scenarios cycle I and cycle II achieved an
average yield of 77% considered good criteria , student activity cycle I and cycle II
achieved an average yield of 77.8% classified as good criteria, and to response of
students achieved 85.2% the criteria very well classified, while the learning
outcomes of students prior to the implementation of the method the number of students
49 students, the number of students who there are a total of 36 students completed the
percentage of 73.3%. After the application of research results in the first cycle of
students who pass as many as 38 students with a percentage of 76%, and the results of
research on the second cycle students who pass as many as 41 students with a
percentage of 85.4%.
Keywords: Independent recitation Metthod, Student Learning Outcomes
Published
2013-01-22
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 14