https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/issue/feed Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2024-04-18T09:34:55+00:00 Ari Metalin Ika Puspita aripuspita@unesa.ac.id Open Journal Systems Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA terbit tiga tahun sekali pada bulan Februari, Juni, dan September. Artikel ini berisikan hasil penelitian tentang pendidikan seklolah dasar yang ditulis dalam bahasa Indonesia. <br /> https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/59104 Analisis Penggunaan ChatGPT dalam Penulisan Modul Ajar oleh Guru di SDN Karah I 2024-03-30T13:52:22+00:00 Eden Danu Romadhoni eden.20147@mhs.unesa.ac.id <p>Dalam konteks Pendidikan jaman sekarang, penyusunan modul ajar oleh guru merupakan tugas penting namun seringkali memakan waktu dan tenaga yang besar. Penggunaan teknologi kecerdasan buatan seperti ChatGPT menawarkan solusi potensial untuk mempermudah proses ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman guru dalam menggunakan ChatGPT untuk menyusun modul ajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Karah I serta untuk memahami dampak yang dirasakan oleh mereka terhadap penggunaan teknologi ini. Melalui pendekatan kualitatif jenis fenomenologi, hasil penelitian menunjukkan Narasumber mengungkapkan bahwa penggunaan ChatGPT secara signifikan membantu guru dalam menyusun modul ajar dengan lebih baik. Guru mengakui bahwa teknologi ini memperluas kemungkinan dalam penyediaan materi pembelajaran, meningkatkan variasi dan kualitas pembelajaran. Namun demikian, mereka juga menghadapi beberapa tantangan teknis dan pedagogis dalam penggunaan ChatGPT, termasuk kebutuhan untuk menyunting hasil yang dihasilkan agar sesuai dengan kebutuhan kelas masing-masing.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>ChatGPT, Modul ajar, Guru, Sekolah Dasar</p> 2024-03-30T13:52:22+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/59139 Googlesites PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SEKOLAH DASAR 2024-03-31T04:49:00+00:00 Julia Rahmawati Rahmawati julia.20199@mhs.unesa.ac.id Drs. Mintohari., M.Pd mintohari@unesa.ac.id <p>Peneletian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan&nbsp; adalah ADDIE (<em>analysis, design, development, implementation, and</em> <em>evaluation</em>). Kevalidan,multimedia ini medapatkan presentase&nbsp; 97,5% untuk validasi media dan 92,5% untuk validasi materi. Hasil angket kepraktisan mendapatkan presentase 93,3% dari hasil angket peserta didik dan 97,5% dari angket pendidik. . Berdasarkan hasil presentase ketuntasan belajar yang didapatkan dari nilai&nbsp; pretest&nbsp; dan posttest&nbsp; mendapatkan presentase sebesar 95,23%. Hasil uji non parametrik wilcoxon mendapatkan Sig. 0,000 &lt; 0,05 yang artinya penggunaan multimedia ini memiliki perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan multimedia interaktif berbasis&nbsp; google sites. Selanjutnya untuk hasil perhitungan skor N-Gain memperoleh skor sebesar 0,68 yang termasuk ke dalam kategori peningkatan sedang. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis google sites&nbsp; pada materi perubahan wujud benda kelas IV sekolah dasar praktis saat digunakan dan efektif dalam meningkatkan pemahaman serta hasil belajar peserta didik.</p> 2024-03-31T04:49:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/59176 Pengembangan Media Kartu Huruf Bergambar Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Kelas I Sekolah Dasar 2024-04-03T08:08:19+00:00 Anggi Rahmawati anggi.19052@mhs.unesa.ac.id <p>Abstrak</p> <p>Pengembangan media kartu huruf bergambar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I di sekolah dasar. Evaluasi terhadap penggunaan kartu tersebut dilakukan dengan menggunakan angket yang diisi oleh pendidik&nbsp;dan siswa. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat efektivitas kartu huruf bergambar sebesar 96%, sementara kepraktisan penggunaannya mencapai 94%. Nilai N-gain sebesar 0,763686491 menunjukkan bahwa penggunaan media ini sangat berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan kartu huruf bergambar telah berhasil mencapai tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas yang tinggi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I di sekolah dasar.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Pembelajaran membaca permulaan, Kemampuan membaca</p> <p>&nbsp;</p> <p>Abstract</p> <p>The development of picture letter cards aims to improve the reading skills of grade I students in elementary schools. Evaluation of the use of the card is carried out using a questionnaire filled out by teachers and students. The evaluation results show that the effectiveness level of picture letter cards is 96%, while the practicality of their use reaches 94%. The N-gain value of 0.763686491 shows that the use of this media is very successful in improving students' reading abilities. Thus, it can be concluded that the development of picture letter cards has succeeded in achieving a high level of validity, practicality and effectiveness in improving the reading ability of class I students in elementary schools.</p> <p><strong>Keywords:</strong> Beginning reading learning, reading ability</p> 2024-04-03T08:08:19+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/59106 Pengembangan Multimedia Interaktif TERRAKSA Materi Bumi dan Antariksa Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VI 2024-03-30T13:58:29+00:00 Amrita Dewi amrita.20098@mhs.unesa.ac.id <p>Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata pelajaran yang memerlukan proses tingkat berpikir tinggi karena materi yang cenderung abstrak salah satunya adalah materi bumi dan antariksa. Oleh sebab itu perlu menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan multimedia interaktif TERRAKSA materi bumi dan antariksa berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VI. Studi ini ialah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate</em>)<em>. </em>Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan validasi materi dan media guna menguji kevalidan, angket respon guru dan siswa untuk menguji kepraktisan, serta lembar penilaian tes untuk menguji keefektifan media. Hasil yang diperoleh untuk validasi media sejumlah 90,67% (sangat valid) dan validasi materi sejumlah 93,33% (sangat valid), hasil angket respon guru sebesar 86,25% (sangat praktis) dan angket respon peserta didik sejumlah 92,05% (sangat praktis), serta hasil ketuntasan belajar siswa sebesar 100% (sangat efektif) dengan hasil N-Gain sebesar 0,84 dengan kriteria tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif TERRAKSA berbasis web valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VI.</p> 2024-03-30T13:58:29+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/59153 PENGEMBANGAN MEDIA RUSBADAR (RUMAH RUMUS BANGUN DATAR) BERBASIS RME PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD 2024-04-02T07:58:16+00:00 Gilang Dika Fajar gilang.20007@mhs.unesa.ac.id <p>RUSBADAR merupakan inovasi media pembelajaran konkret dari segi spesifikasinya yang dipadukan dengan pendekatan RME (<em>Realistic Mathematics Education</em>) dalam penerapannya. RUSBADAR berbasis RME sebagai solusi efektif dalam meningkatkan pemahaman bangun datar bagi peserta didik kelas IV SD karena media ini dapat meciptakan suasana belajar yang aktif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan media yang meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan RUSBADAR dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar kelas IV SD. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, &amp; Evaluation</em>). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media RUSBADAR telah berhasil pada beberapa aspek diantaranya: (1) Kevalidan materi mencapai skor 88,57%, dengan kategori sangat valid, sedangkan kevalidan media mencapai skor 88,42%, dengan kategori sangat valid; (2) kepraktisan media mencapai skor&nbsp; 91,36%, dengan kategori sangat praktis; dan (3) efektivitas media mencapai skor 79,44%, dengan kategori efektif.&nbsp; Kesimpulannya media RUSBADAR dinyatakan layak dan efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi bangun datar kelas IV SD.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Miniatur Rumah, RME, Bangun Datar.</p> 2024-04-02T07:58:16+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/59197 TARI TURONGGO YAKSO KABUPATEN TRENGGALEK SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS ETNOPEDAGOGI SISWA SEKOLAH DASAR 2024-04-04T16:06:08+00:00 Hardika Nifail Kurniawan hardika.20119@mhs.unesa.ac.id Suprayitno Suprayitno suprayitno@unesa.ac.id <p>Etnopedagogi adalah pendekatan pembelajaran yang mempelajari budaya dan mengintegrasikannya sebagai bagian dari proses dan sarana pembelajaran yang melibatkan berbagai bidang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat Tari Turonggo Yakso sebagai bagian dari warisan budaya Kabupaten Trenggalek, serta muatan materi yang terdapat dalam tarian tersebut sebagai sumber belajar berbasis etnopedagogi, dan untuk menghubungkan Tari Turonggo Yakso dengan pembelajaran di sekolah dasar yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi, melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumen untuk mengumpulkan data. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Tari Turonggo Yakso ditemukan memiliki banyak komponen materi, termasuk Matematika, Bahasa Indonesia, IPAS, Pendidikan Pancasila, dan Seni Tari. Materi yang terdapat dalam Tari Turonggo Yakso diintegrasikan ke dalam pembelajaran di sekolah dasar sebagai bagian dari pembelajaran, dan dapat disesuaikan menjadi model pembelajaran Webbed dan Connected.</p> 2024-04-04T16:06:07+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/59192 PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS QR CODE PETUALANGAN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR 2024-04-04T16:09:54+00:00 Erlinda De Lou Zaviti erlinda.20060@mhs.unesa.ac.id Julianto Julianto julianto@unesa.ac.id <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Pembelajaran IPA khususnya materi sistem pencernaan pada manusia di SDN Babat Jerawat II/498 Surabaya berpusat kepada guru dengan menggunakan metode ceramah dan hanya menggunakan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE dan menghasilkan produk berupa media ular tangga berbasis <em>QR Code </em>petualangan pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media ular tangga berbasis <em>QR Code </em>petualangan. Tujuan khususnya adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas V SDN Babat Jerawat II/498 Surabaya. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu lembar validasi media dan materi, angket respon guru dan siswa, lembar <em>pretest </em>dan <em>posttest</em>. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ular tangga berbasis <em>QR Code </em>petualangan sangat valid digunakan dengan persentase 92% validasi media, dan 90% validasi materi. Media ini dikategorikan sangat praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 95% dari guru dan 98% dari siswa. Perhitungan N-Gain sebesar 0,6 menunjukkan peningkatan “sedang” terhadap hasil <em>pretest </em>dan <em>posttest</em>. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media ular tangga berbasis <em>QR Code </em>petualangan pada materi sistem pencernaan manusia layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Media ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran interaktif. Namun, guru harus memperhatikan aksesibilitas <em>QR Code </em>dan kompatibilitas <em>smartphone </em>siswa. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media serupa di berbagai materi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.</p> <p><strong>Kata</strong> <strong>Kunci: </strong>Media Ular Tangga, <em>QR Code</em>, Sistem Pencernaan Manusia, Hasil Belajar.</p> <p>&nbsp;&nbsp;</p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>This research is motivated by the low learning outcomes of students in natural sciences, specifically in the topic of the human digestive system. Science learning, especially on the human digestive system at SDN Babat Jerawat II/498 Surabaya, is teacher-centered, employing lecture methods and only using visual aids. This study adopts a development research approach with the ADDIE model, resulting in a product in the form of an adventure-based QR Code snake ladder media on the topic of the human digestive system to enhance the learning outcomes of fifth-grade elementary students in Natural Sciences. The general objective of this research is to determine the feasibility of the adventure-based QR Code snake ladder media on the human digestive system topic, which can be used to improve the learning outcomes of fifth- grade elementary students in Natural Sciences. The specific objectives are to determine the validity, practicality, and effectiveness of the developed media. The research subjects consist of 20 fifth-grade students from SDN Babat Jerawat II/498 Surabaya. Data collection instruments include media and material validation sheets, teacher and student response questionnaires, pretest, and posttest sheets. The collected data were analyzed using descriptive percentage data analysis techniques and N-Gain. The research findings show that the adventure-based QR Code snake ladder media is highly valid with a 92% media validation rate and a 90% material validation rate. This media is considered highly practical with a 95% practicality rate from teachers and a 98% rate from students. The N-Gain calculation of 0.6 indicates a moderate improvement between pretest and posttest results. Based on these analyses, it can be concluded that the adventure-based QR Code snake ladder media on the human digestive system topic is suitable for enhancing the learning outcomes of fifth-grade elementary students in Natural Sciences. This media can be utilized as an interactive learning tool. However, teachers should pay attention to QR Code accessibility and students' smartphone compatibility. Further research is encouraged to develop similar media on various topics to enhance students' self-confidence.</em></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>Snake Ladder Media, QR Code, Human Digestive System, Learning Outcomes.</em></p> 2024-04-04T16:09:54+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/59200 Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Norma Kelas 5 SD 2024-04-13T23:16:43+00:00 Devi Nur Azizah devi.20144@mhs.unesa.ac.id Hendrik Pandu Paksi hendrikpaksi@unesa.ac.id <p>Penelitian pada artikel ini dilakukan dengan tujuan menguji bagaimana keefektifan penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar pendidikan pancasila materi norma kelas 5 sekolah dasar serta mengurai respon peserta didik setelah penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian eksperimen yang digunakan adalah jenis rancangan <em>non-equivalent control group design</em>, melalui jenis penelitian ini pemilihan kelas eksperimen serta kelas kontrol langsung ditentukan berdasarkan kriteria pada awal penelitian. Beberapa teknik penelitian yang dipakai selama proses penelitian terdiri atas tes yang dibagi menjadi <em>pretest</em> dan <em>post-test</em> kemudian terdapat 2 angket, angket pertama berguna mengetahui gaya belajar setiap peserta didik sedangkan angket kedua berguna mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Apabila melihat dari hasil analisis data penelitian ini menunjukkan tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas Ⅴ SD pada pendidikan pancasila materi norma yang dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan nilai t<sub>hitung </sub>≥ t<sub>tabel </sub>yaitu 2,137 ≥ 2,0048 menyatakan H<sub>0 </sub>ditolak dan H<sub>a </sub>diterima. Selain itu, hasil belajar yang ditunjukkan kelas eksperimen mengalami peningkatan yang tergolong tinggi dibanding hasil belajar kelas kontrol yang dapat dilihat melalui rata-rata post-test di kelas eksperimen berada pada 85,24 dan di kelas kontrol berada pada 76,67 serta hasil uji N-<em>Gain</em> sebesar 0,7261. Hasil respon peserta didik menunjukkan sangat tertarik terhadap strategi pembelajaran berdiferensiasi yang diketahui melalui presentase rata-rata sebesar 87,68%.</p> 2024-04-13T23:16:43+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/59208 Pengaruh Metode Jolly Phonics Berbantuan Media Kartu Kata terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Inggris Siswa Kelas I Sekolah Dasar 2024-04-13T23:19:59+00:00 Windha Ana Sevia windha.20069@mhs.unesa.ac.id Ulhaq Zuhdi ulhaqzuhdi@unesa.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan bahasa inggris siswa kelas 1 sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode <em>jolly phonics</em> berbantuan media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan bahasa inggris siswa kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis metode kuantitatif, dengan desain penelitian <em>quasi eksperimental</em> dengan bentuk <em>nonequivalent pretest-posttest control group design</em>. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas eksperimen (1B) dan kelas kontrol (1C) yang masing-masing berjumlah 24 siswa. Adapun data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> yang di uji menggunakan <em>sample independent test</em> dan diperoleh hasil t<sub>hitung </sub>sebesar 3,871 sehingga nilai t<sub>hitung </sub>3.817 &gt; 2.012 t<sub>tabel</sub>, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan metode <em>jolly phonics</em> berbantuan media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan bahasa inggris siswa kelas 1 sekolah dasar.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>jolly phonics</em>, kartu kata, membaca permulaan</p> 2024-04-13T23:19:59+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/59201 PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ASTARYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SD 2024-04-13T23:23:21+00:00 Hesti Dwi Kusumastuti hesti.20081@mhs.unesa.ac.id <p>Penggunaan media pembelajaran cenderung kurang variatif, guru masih mengandalkan media konvensional ketika proses pembelajaran berlangsung. Guru menggunakan media pembelajaran konkret pada materi tertentu. Penting untuk menggunakan media pembelajaran yang selaras dengan karakteristik materi yang disampaikan.&nbsp; Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis ASTARYA yaitu Sistem Tata Surya AhaSlides. Media ASTARYA ini berupa <em>Power point </em>interaktif yang berbantuan web <em>AhaSlides</em> dalam penyajiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis ASTARYA terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI Sekolah Dasar. Metode enelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis <em>Quasi Experimental</em> dengan desain <em>Nonequivalent Control Group. </em>Hasil penelitian pada <em>independent t-test </em>menunjukkan bahwa nilai t<sub>hitung </sub>&gt; t<sub>tabel</sub><em>, </em>yaitu 7,578 &gt; 2,021. Nilai signifikansi (2-<em>tailed) </em>juga menunjukkan 0,000 &lt; 0,05, sehingga H<sub>a</sub> diterima dan H<sub>0</sub> ditolak. Sedangkan pada<em> N-Gain Score</em> kelas kontrol 24,242% atau24%, sedangkan nilai <em>N-Gain Score</em> kelas eksperimen sebesar 59,577% atau 60%. Dari hasil <em>N-Gain Score</em> tersebut, dapat diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis ASTARYA cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis ASTARYA terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI Sekolah Dasar.&nbsp;</p> 2024-04-13T23:23:21+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/59213 PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PROGRAM HOMESTAY SD SEKOLAH ALAM INSAN MULIA 2024-04-13T23:26:56+00:00 Rosa Wijayantis rosa.20139@mhs.unesa.ac.id <p>Dampak covid-19 mengharuskan siswa sekolah <em>daring </em>dirumah banyak perubahan dari siswa terutama adalah pada aspek keterampilan sosial. Perubahan tersebut dirasakan oleh guru kelas 6 mengingat bahwa siswa kelas 6 pada tahun 2023 merupakan siswa yang mengalami dampak pembelajaran daring paling lama dari kelas 2 hingga kelas 5 sehingga masih terdapat siswa yang perlu dikembangkan keterampilan sosialnya. Adapun upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa yang perlu dikembangkan yaitu dengan melaksanakan program homestay. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami secara mendalam pelaksanaan Program Homestay di Sekolah Dasar Alam Insan Mulia, mendeskripsikan secara mendalam pengalaman siswa selama Program Homestay dalam konteks interaksi sosial dengan keluarga tuan rumah dan menganalisis dampak Program Homestay terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studikasus. Adapun hasil yang didapat bahwa pelaksanaan program homestay yang di SD Sekolah Alam Insan Mulia terdapat persiapan awal yang berisikan perencanaan program yang disesuaikan dengan tujuan program. Dalam pelaksanaaan program homestay banyak sekali kegiatan yang memfasilitasi perkembangkan keterampilan sosial siswa sehingga menyebabkan dampak peningkatan keterampilan sosial siswa. Dari banyaknya kegiatan saat pelaksanaan program homestay menumbuhkan perasaan siswa juga bermacam macam tergantung dengan pengalaman yang siswa dapatkan.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Program Homestay, Keterampilan sosial, Siswa kelas 6</p> 2024-04-13T23:26:56+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/59241 The Development of Contextual Animation Video "Getting to Know Economic with Mumu" for Material On Economic Activities in Elementary School 2024-04-18T09:25:41+00:00 Prima Nanda Wahyu prima.19069@mhs.unesa.ac.id <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>Pengembangan ini dilatarbelakangi oleh miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik sekolah dasar, hal ini bisa terjadi karena proses berpikir peserta didik SD masih tahap berpikir konkret sedangkan isi belajar mengajar IPS banyak bersifat abstrak. Respon pengembang terhadap hal tersebut yaitu melakukan pengembangan media yang bertujuan sebagai instrument pendukung dalam proses belajar mengajar di ruang kelas. Tujuan yang ingin digapai dalam penelitian ini sebagai berikut (1) untuk merancang pengembangan Video Animasi Berpendekatan Kontekstual untuk materi SD kelas IV tentang kegiatan ekonomi . (2) untuk membuktikan kevalidan Video Animasi Berpendekatan Kontekstual untuk materi SD kelas IV tentang kegiatan ekonomi. (3) untuk membuktikan kepraktisan Video Animasi Berpendekatan Kontekstual untuk materi SD kelas IV tentang kegiatan ekonomi. (4) untuk membuktikan keefekifan Video Animasi Berpendekatan Kontekstual untuk materi SD kelas IV tentang kegiatan ekonomi. Pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan ADDIE pada siswa kelas IV SDN Pabean II yang berjumlah 26.Melalui validitas Validasi media produk diperoleh hasil 89% dengan kategori baik. Hasil validasi materi diperoleh 80% dan termasuk kategori baik. Hasil N-Gain score menghasilkan 53% sehingga ada perbedaan antara uji awal (pre-test) dan uji akhir (post-test) pada kategori sedang. Oleh karenanya, pengembangan video animasi kontekstual “Mengenal Kegiatan Ekonomi Bersama Mumu” untuk materi kegiatan ekonomi di SD layak digunakan.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci: Pengembangan, animasi, ekonomi.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstract</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>This development is motivated by misconceptions that occur in elementary school students. This can happen because the thinking process of elementary school students is still at the concrete thinking stage, while much of the content of social studies teaching and learning is abstract. The developer's response to this is to develop media which aims to be a supporting instrument in the teaching and learning process in the classroom. The objectives to be achieved in this research are as follows (1) to design the development of an animated video with a contextual approach for fourth grade elementary school material about economic activities. (2) to prove the validity of the Animation Video with a Contextual Approach for grade IV elementary school material about economic activities. (3) to prove the practicality of animated videos with a contextual approach for fourth grade elementary school material about economic activities. (4) to prove the effectiveness of animated videos with a contextual approach for fourth grade elementary school material about economic activities. This development was carried out using ADDIE on 26 class IV students at SDN Pabean II. Through the validity of product media validation, the results were 89% in the good category. The material validation results obtained were 80% and included in the good category. The N-Gain score results were 53% so there was a difference between the initial test (pre-test) and the final test (post-test) in the medium category. Therefore, the development of a contextual animated video "Getting to Know Economic Activities with Mumu" for material on economic activities in elementary schools is suitable for use.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Keywords:Development,animation,economic.</p> 2024-04-18T09:25:41+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/59264 Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Muatan IPS SD 2024-04-18T09:34:55+00:00 Naomi Marcella Sulistyo Putri naomi.20167@mhs.unesa.ac.id Putri Rachmadyanti putrirachmadyanti@unesa.ac.id <p>Problematika pembelajaran IPS di SD yaitu guru masih menggunakan metode ceramah dan hafalan sehingga guru menyamaratakan pembelajaran di kelas. Padahal setiap peserta didik memiliki karakteristik yang beragam dalam belajar. Hal tersebut menyebabkan ketertarikan siswa terhadap mata pelajar IPS menurun dan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Salah satu pendekatan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah guru menerapkan pembelajaran diferensiasi supaya peserta didik tertarik dan nyaman saat pembelajaran sebab pembelajaran diferensiasi mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik sehingga dapat meningkatkan suatu keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian tertulis yakni untuk mengetahui pengalaman penerapan pembelajaran berdiferensiasi, makna pembelajaran berdiferensiasi bagi guru guna meningkatkan suatu keterampilan berpikir kritis siswa dan menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran IPS di SD. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data dilaksanakan yakni triangulasi dengan menggabungkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di kelas VB SDN Banjarsugihan 2 Surabaya. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasannya guru berpengalaman dan kompeten dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi karena mengikuti pelatihan, komunitas belajar dan narasumber webinar. Guru memaknai pembelajaran berdiferensiasi sebagai pembelajaran yang nyaman dan memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan karakteristik yang beragam. Guru melaksanakan pembelajaran diferensiasi dengan diintegrasikan dengan model pembalajaran Cooperative Learning Tipe TPS dan memenuhi indikator keterampilan berpikir kritis.</p> 2024-04-18T09:34:55+00:00 ##submission.copyrightStatement##