ANALISIS MANAJEMENT SEKOLAH BOLABASKET CAHAYA LESTARI SURABAYA

  • RIO ENDI ARFIANTO
  • GIGIH SIANTORO

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan fungsi manajemen yang terdiri dari Perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing),kepemimpinan (leading), pengawasan (controlling), perekrutan tenaga kerja (staffing), pendanaan (budgeting) di Sekolah Bolabasket Cahaya Lestari Surabaya. Fokus dalam penelitian ini adalah memaparkan penerapan fungsi manajemen Sekolah Bolabasket Cahaya Lestari Surabaya. Penelitian ini melibatkan 4 orang subjek yang terdiri dari pengurus Sekolah Bolabasket Cahaya Lestari Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan (non eksperimen) kualitatif.

Hasil penelitian analisis manajemen Sekolah Bolabasket Cahaya Lestari Surabaya diketahui bahwa dari enam aspek fungsi manajemen telah diterapkan dengan baik oleh Sekolah Bolabasket Cahaya Lestari Surabaya. Hanya terdapat beberapa kekurangan yaitu tidak ada struktur organisasi yang baku, tidak ada kurikulum tetap, serta adanya inkonsitensi dalam pembukuan keuangan.

Kata Kunci: Analisis Manajemen, Fungsi Manajemen, Sekolah Bolabasket

ABSTRACT

This study aimed to describe management functions consisting of planning, organizing, leadership (leading), controlling, staffing, and budgeting at School Basketball Cahaya Lestari Surabaya. The focus in this research is to describe the implementation of School Basketball Cahaya Lestari Surabaya management function. The study involved 4 people consisting of School Basketball Cahaya Lestari Surabaya administrators. This research uses a qualitative (non experimental) approach.

The result of School Basketball management analysis is known that from six aspects of management function has been applied well by School Basketball Cahaya Lestari Surabaya. There are only a few flaws: no standard organizational structure, no fixed curriculum, and inconsistencies in financial accounting.

Keywords: Management Analysis, Management Function, School Basketball


Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 183