PROFIL PERKEMBANGAN EKSTRAKURIKULER BALAP SEPEDA DI SMP NEGERI 20 SURABAYA

  • TYAS AZIZAH SUYUT
  • FRANSISCA JANUARUMI MARHAENDRA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mencari jawaban dari rumusan masalah yang telah ditentukan, yaitu

Ekstrakurikuler merupakan salah satu tempat bagi peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakat mereka sehingga mampu menjadi peserta didik yang kreatif, inovatif, trampil dan berprestasi. Ekstrakurikuler sendiri juga meenjadi salah stu cara untuk pembentukan karakter suatu peserta didik. SMP Negeri 20 Surabaya adalah satu-satunya sekolah yang memiliki ekstrakurikuler balap sepeda khususnya di daerah Surabaya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perkembangan ekstrakurikuler dari tahun 2010-2018 serta menganalisa faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan ekstrakurikuler balap sepeda tersebut.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara serta dokumentasi dan menganalisis penelitian menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasar hasil penelitian perkembangan ekstrakurikuler balap sepeda di SMPN 20 Surabaya mengalami penurunan dilihat dari tidak adanya prestasi yang semakin baik, sarana prasarana yang tidak bertambah serta efektifits peserta didik berlatih. Penurunan hal diatas dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti perubahan regulasi jam sekolah, kondisi siswa dan peran serta orang tua. Maka dapat dikatakan bahwa perkembangan ekstrakurikuler balap sepeda di SMPN 20 Surabaya cenderung menurun nmun tidak tergolong jelek.

Kata Kunci : Profil, Ekstrakurikuler, Balap Sepeda

Abstrack

Extracurricular is one place for the student to develop their interests and talents, so that studen can become creative, innovative, skilled and achievers. Extracurricular is also one way to educate the character of learners. SMP Negeri 20 Surabaya is the only one school that has an bicycle racing Extracurricular in Surabaya area. The purpose of this study is to determiine the development of the year 2010 – 2018 and analyze what factors affect the development of the bike race.

The types used in this study are qualitative. Using data collection techniques such as, observation, interview and documentation and data analysis using Miles and Huberman model. Based on the results of research, the development of bicycle racing extracurricular at SMPN 20 Surabaya has decreased seen from the absence of better achievement, not improving facilities and the effectiveness of the practicing learners. The decrease factors above are influenced by several factors such as changes in school hours regulation, the condition of the students and the participation of parents. So it can be said that the development of bicycle racing extracurricular in SMPN 20 Surabaya tends to decline but not classified as bad.

Key Words : Profil, Extracurricular, Bicycle racing.

Published
2018-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 141