MANAJEMEN DAN SISTEM PEMBINAAN PADA SEKOLAH SEPAKBOLA HIZBUL WATHAN BABAT-LAMONGAN

  • MOHAMMAD MIFTAH ZAMZAMI
  • MOHAMMAD FARUK

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kepengurusan, sistem pembinaan, serta pencapaian prestasi yang telah didapatnya. Penelitian ini mempunyai fokus penelitian tentang bagaimana manajemen kepengurusan, bagaimana sistem pembinaanya, dan bagaimana pencapaian prestasi yang telah didapatkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu dengan cara pengamatan serta wawancara langsung di lapangan. Sumber data penelitian adalah Sekolah Sepakbola Hizbul Wathan (HW) Babat-Lamongan, dengan narasumber pengurus, pelatih, wali murid dan atlet pihak tersebut.

Berdasarkan hasil analisis penelitian ini membuktikan bahwa di dalam sebuah sekolah sepakbola dibutuhkan beberapa aspek untuk menjalankan dan melaksanakan fungsi dari SSB semestinya. Salah satu fungsi utama SSB adalah menjadi tempat pembinaan usia dini di bidang sepakbola, oleh karena itu di dalam sistem pembinaan tersebut harus dilakukan dan diterapkan dengan benar, baik dan sesuai dengan kebutuhan para atlet sesuai kelompok umur. Sekolah sepakbola Hizbul Wathan sendiri manajemen kepengurusan sudah berjalan dan terstruktur dengan baik dapat dilihat dari adanya pembaharuan petinggi-petinggi setiap lima tahun sekali. Sistem pembinaanya juga sudah diterapkan dan dijalankan menyesuaikan dengan kebutuhan atlet, seperti sudah mempunyai kurikulum sepakbola meskipun kurikulum dari hasil diskusi antar pelatih. Kemudian untuk proses pelatih dalam melatih juga sudah dijalankan sesuai apa yang didapat di penataran pelatih yang diikutinya. Para pemain juga sudah tidak dibuat pusing seumpama ada pemain yang dianggap berpotensi akan disalurkan kepada klub yang lebih profesional untuk jenjang kedepan bagi atlet tersebut.

Prestasi sangat dibutuhkan di setiap SSB atau sejenisnya, karena sebuah prestasi yang didapat bisa jadi sebagai tolak ukur untuk perkembangan atlet di bidang sepakbola. Prestasi juga dijadikan sebagai bukti bahwa SSB tersebut bagus dan berkualitas. Hizbul Wathan sendiri sudah meraih prestasi-prestasi yang didapat dari partisipasi di turnamen-turnamen yang diikutinya. Selain prestasi pencapaian trofi juara prestasi lain yang dimiliki adalah menyumbangkan beberapa pemain asli pembinaan Hizbul Wathan kepada klub-klub profesional di persepakbolaan Indonesia.

Kata kunci: Manajemen, Sistem Pembinaan, Sekolah Sepakbola.

Abstract

This research aims to determine of structure management, development system, and performance to get achievements that have been obtained. This research has a focus about on how of structure management, how abaut the development system, and how to get performance of achievements that have been obtained. This research uses qualitative research type with descriptive approach, that is by observation and direct interview in the field, and the source of research data is Hizbul Wathan Football School, with the informant, coach, management and athlete of that.

Based on the results of this research analysis proves that in a football school required several aspects to run and implement the functions of SSB should. One of the main functions of SSB is to be an early age coaching place in the field of football, therefore in the development system must be done and applied correctly, both and in accordance with the needs of athletes according to age group. Hizbul Wathan football school itself management stewardship has been running and well structured can be seen from the renewal of high-ranking officials every five years. The development system has also been implemented and adapted to suit the needs of athletes, such as already having a soccer curriculum despite the curriculum of the results of inter-trainer discussions. Then for the process of coach in the train has also been executed according to what is obtained in the upgrading trainers who followed. The players also have not made a headache as there are players who are considered potentially will be channeled to a more professional club for the future for the athlete.

Achievements are needed in every football school or the like, because a achievement that can be obtained as a benchmark for the development of athletes in the field of football, achievement is also used as evidence that the football school is so good and quality. Hizbul Wathan himself has achieved the achievements gained from participation in the tournaments he attended. In addition to performance get of achievement trophy other achievements champion is to donate some original players Hizbul Wathan to professional clubs in Indonesian football.

Keyword: Manageement, Development System, Football School






Published
2018-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 46