MANAJEMEN PENGEMBANGAN PRESTASI FUTSAL DI KLUB BINTANG TIMUR SURABAYA

  • AFIF DWI NUGRAHA
  • ABDUL HAFIDZ

Abstract

Abstrak

Pencapaian sebuah prestasi tinggi bukan sesuatu yang mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa diraih. Dalam olahraga futsal pengembangannya sama dengan cabor yang lain, dasar dari latihan yang merupakan menjadi penentu prestasi atlet juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain itu ada sejumlah faktor yang mempengaruhi keberhasilan prestasi atlet yaitu faktor manajemen organisasi. Salah satu organisasi olahraga atau klub Olahraga yang ada di bidang pengembangan dan sudah diketahu orang banyak di Jawa timur yang paling besar adalah klub Futsal Bintang Timur Surabaya.

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui manjemen perkembangan prestasi futsal di Klub Bintang Timur Surabaya. Sumber data penelitian ini adalah berjumlah 7 orang atau lebih, yaitu 5 Pemain, 1 pelatih dan 1 manager.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan penelitian kualitatif, subjek penelitian perilaku, presepsi, motivasi, tindakan dan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, pengamatan. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis. Teknik deskriptif analisis dilakukan dengan mendeskripsikan data-data yang ada kemudian disusul dengan analisis data. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian masing – masing tahap.

Hasil penelitian di Bintang Timur Surabaya dapat disimpulkan bahwa proses pengembangan prestasi di Bintang Timur Surabaya berjalan baik karena didukung dengan program latihan yang tersusun dengan rapi, Sarana dan prasarana yang mendukung sehingga pemain bisa berlatih dengan semangat, Pendanaan yang sehat, dan Managemen yang terstruktur. Saran yang dapat disampaikan kepada pengurus seperti kedisipilinan pemain yang harus di perketat lagi dan harus menyiapkan program latihan cadangan ketika kompetisi yang berlangsung mengalami perubahan.

Kata kunci: Prestasi Futsal, Pengembangan, Manajemen

Abstract

To achieve high performance not light work, nothing can’t be achieved. The performance of futsal sport in its development is not different from other sports, the basic quality of the exercise which is the determinant of athlete achievement also by many factors. other factors that support the success of an athlete achievement that is the factor of organizing management. One of the sports organizations engaged in the development of futsal sports and has been known to many people in the eastern region of East Java is the most Futsal Team Bintang Timur Surabaya. This study aims to determine the management of development.This study aims to determine the development of futsal development in Club Bintang Timur Surabaya. The data source of this research is 7 people or more, that is 5 people Players, 1 person trainer and 1 manager.The type of research used in this study is qualitative research, using qualitative research, the subject of behavior research, perception, motivation, action and how the description in the form of words and language. Data completion technique using technique. Data analysis technique using descriptive analysis technique. Descriptive technique of analysis is done by descripting data data then followed by data analysis. The research procedure is done through three stages, namely the preparation stage, the implementation stage, and the completion stage of each stage.The result of the research in Bintang Timur Surabaya can be concluded that the development process in Bintang Timur Surabaya runs well because it is supported by a well-structured training program, the training process is not tense so the players are not bored, and the facilities and infrastructure that support the players can practice with passion. Suggestions that can be conveyed to the board such as discipline players who must be tightened again and must prepare an exercise program that is undergoing a change.Keywords: Futsal achievement, Development, Management




Published
2018-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 165