HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT PERUT DAN EXPLOSIVE POWER TUNGKAI TERHADAP ACCURACY SERANGAN ANGGAR (Studi Pada Atlet Putra Surabaya Fencing Club)

  • ALDI KARIMULLAH
  • RINI ISMALASARI

Abstract

Abstrak

Anggar adalah cabang olahraga beladiri menggunakan senjata, di Indonesia cabang olahraga anggar telah sering dipertandingkan pada suatu kejuaraan daerah maupun nasional. Teknik yang harus dikuasai adalah teknik serangan anggar karena teknik serangan adalah teknik dasar dari setiap gerakan serangan kombinasi lainnya. Sama dengan olahraga beladiri lain, serangan dalam anggar bertujuan untuk mendapatkan sebuah point demi sebuah keberhasilan kemenangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data maupun informasi besaran hubungan kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut dan explosive power tungkai terhadap accuracy serangan anggar dengan hubungan individu dan secara bersama-sama. Metode analisa menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan pengumpulan data melalui intrumen push up, sit up, standing board jump dan bower fencing test. Hasil dari penelitian dipaparkan: hasil dari ANOVA menjelaskan nilai Fhitung = 2,74 < Ftabel = 3,71. Hal tersebut dijelaskan melalui Fhitung = 2,74 < Ftabel = 3,71 bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kekuatan otot lengan (X1), kekuatan otot perut (X2) dan explosive power tungkai (X3) secara bersama-sama terhadap accuracy serangan anggar (Y). Kemudian hasil dari masing-masing individu menunjukkan variabel kekuatan otot lengan yang memberikan hubungan paling tinggi terhadap variabel accuracy serangan anggar, yang diikuti variabel explosive power tungkai. Untuk kekuatan otot perut (X2) masih perlu mendapatkan perhatian lebih dengan meningkatkan program latihan khusus pada kekuatan otot perut agar mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

Kesimpulan: Variable kekuatan otot lengan (X1) memberikan hubungan sebesar 30,25%, Variable kekuatan otot perut (X2) memberikan hubungan sebesar 14,13%, Variabel explosive power tungkai (X3) sebesar 28,62%, Variable kekuatan otot lengan dan explosive power tungkai dari masing-masing individu memiliki hubungan dan secara bersama variable bebas mempunyai hubungan 45,02% terhadap accuracy serangan anggar (Y).

Kata Kunci: Kekuatan Otot Lengan, Kekuatan Otot Perut, Explosive Power Tungkai, Accuracy serangan anggar





Published
2018-07-23
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 169