KONTRIBUSI TINGGI LONCATAN DAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP KETEPATAN PUKULAN JUMP SMASH CABANG OALHRAGA BULUTANGKIS

  • MOCHAMAD ZAENAL ABIDIN
  • OCE WIRIAWAN

Abstract

ABSTRAK

Pukulan jump smash merupakan salah satu langkah penyerangan yang bertujuan untuk mendapatkan poin. Untuk dapat melakukan pukulan jump smash dengan baik dan tepat diperlukan dukungan dukungan syarat-syarat fisik yang prima yang ditunjang oleh unsur yaitu: tinggi loncatan dan kekuatan otot lengan.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: kontribusi tinggi loncatan dan kekuatan otot lengan terhadap ketepatan pukulan jump smash. Sasaran penelitian ini adalah atlet putra PB. Remaja Jombang yang berusia 16-18 tahun dengan jumlah 10 atlet. Proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes tinggi loncatan (menggunakan jump md), tes kekuatan otot lengan (menggunakan push up 30 detik), dan skor ketepatan pukulan jump smash.

Kesimpulan: (1) Dapat dikatakan bahwa tidak terdapat kontribusi yang signifikan antara variable tinggi loncatan dan kekuatan otot lengan terhadap ketepatan jump smash atlet putra bulutangkis secara individu. Jadi kontribusi tinggi loncatan dan kekuatan otot lengan terhadap ketepatan pukulan jump smash pada atlet putra bulutangkis adalah tidak signifikan secara individu. (2) Dapat dikatakan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara variabel tinggi loncatan dan kekuatan otot lengan terhadap ketepatan pukulan jump smash pada atlet putra bulutangkis. Jadi kontribusi tinggi loncatan terhadap ketapatan pukulan jump smash pada atlet putra bulutangkis adalah signifikan secara serentak.

Kata Kunci: Bulutangkis, tinggi loncatan, otot lengan, jump smash.






Published
2018-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 25