PENGARUH KEBUGARAN JASMANI (VO2MAX) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MA NURUL ULUM MUNJUNGAN TRENGGALEK

  • YUSKI AINUN NAJIB
  • FRANSISCA JANUARUMI MARHAENDRA

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebugaran jasmani. Terutama belum diketahuinya hubungan kebugaran jasmani terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non eksperimen dengan teknik analisis korelasi product of moment. Intrumen penelitian menggunakan tes MFT serta untuk mengetahui hasil belajar dilihat dari rapor semester genap. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas X MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek yang berjumlah 153 anak. Hasil penelitian menunjukan untuk peserta didik laki – laki nilai r hit (0,5) > dari r tab (0,213) untuk peserta didik perempuan r hit (0,41) > r tab (0,235). Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dengan hasil belajar peserta didi kelas X MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek. Hasil koefisien determinan (R) untuk peserta didik laki – laki diperoleh sebesar 28,09% untuk perempuan 16,81%. Artinya untuk peserta didik laki – laki sebanyak 28,09% kebugaran jasmani memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dan sebanyak 71,91% ialah merupakan faktor lain. Untuk peserta didik perempuan sebanyak 16,81% kebugaran jasmani memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dan sebanyak 83,19% ialah merupakan faktor lain.

Published
2018-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 43