ANALISIS KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PADA ATLET BOLA BASKET CLS KU – 16 TAHUN

  • RAHARDIAN AULYA SETYAJI
  • AGUS HARIYANTO

Abstract

Olahraga merupakan kegiatan yang di lakukan secara sengaja dan sistematis, yang di dalamnya terdapat pembinaan menurut cabang olahraga dan bertujuan untuk mendapatkan prestasi tertentu.

Bolabasket merupakan salah satu permainan bola besar yang dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 5 pemain dalam setiap tim. Tujuan dari permainan bolabasket adalah untuk mencetak poin (skor) dengan cara memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Teknik dasar merupakan hal yangharus diperkenalkan terlebih dahulu kepada pemula dan harus dikuasai dengan baik. Dengan penguasaan teknik dasar yang baik akan mempermudah untuk menguasai teknik-teknik yang lainnya.

Ada beberapa teknik dasar yang harus di kuasai oleh pemain.Teknik dribble, passing dan shooting merupakan suatu teknik yang umum di jumpai dalam sebuah permaian bolabasket. Ketiga unsur ini merupakan komponen yang penting sehingga harus di kuasai dengan baik oleh setiap pemain agar kebutuhan tim dapat terpenuhi. Bola basket merupakan permainan yang di lakukan secara berkelompok, selain teknik dasar yang dimiliki oleh setiap individu, kerjasama antar pemain dalam tim sangat di butuhkan.

Kemampuan dalam bermain bola basket yang dimiliki akan mempengaruhi tingkat prsetasi yang dicapai. Dilihat dari tingkat pencapaian prestasi yang telah diperoleh,atlet CLS KU- 16 tahun memiliki prestasi yang baik. Dengan banyaknya prestasi yang telah dimiliki, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan teknik dasar yang telah dikuasai oleh atlet.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan teknik dasae dribble, passing, dan shooting pada atlet CLS KU – 16 tahun. Jenis penelitian yang diambil adalah penelitian kuantitatif, dengan metode deskriptif.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik tes dan pengukuran. Tes yang dilakukan meliputi tes dribble, passing, shooting.

Pelaksanaan penelitian dilaksanakan di CLS dengan populasi seluruh atltet CLS KU – 16 tahu yang berjumlah 12 orang. Hasil penelitian yang telah dilakasanakan menunjukan rata - rata kempuan dribble yang dimiliki adalah 11,10 detik dengan waktu tercepat 9,32 detik dan terendah 13,50 detik. Rata-rata kemampuan passing yang dimiliki adalah 20 poin dengan skor tertinggi 24 poin dan terendah 18 poin.

Rata-rata kemampuan shooting yang dimiliki adalah 3 poin, dengan skor tertinggi 6 poin dan terendah 1 poin.

Kata kunci :Bolabasket, Dribble, Passing, Shooting.

Exercise is a deliberate and systematic activity, in which there is coaching according to the sport and aims to gain certain achievements.

Basketball is one big ball game played by 2 teams each consisting of 5 players in each team. The purpose of the basketball game is to score points (scores) by inserting the ball into the opponents basket. Basic techniques are things that should be introduced first to beginners and should be mastered properly. With the mastery of good basic techniques will make it easier to master other techniques.

There are some basic techniques that must be mastered by players. Dribble, passing and shooting techniques are common techniques encountered in a basketball game. These three elements are important components that must be well controlled by every player so that the needs of the team can be fulfilled. Basketball is a game that is done in groups, in addition to the basic techniques that are owned by each individual, cooperation between players in the team is in need.

The ability to play basketball owned will affect the level of achievement achieved. Judging from the level of achievement that has been obtained, athletes CLS KU-16 years have a good achievement. With the many achievements that have been owned, then this study aims to determine the basic engineering capabilities that have been mastered by athletes.

The purpose of this research is to know the ability dasae dribble, passing, and shooting technique at athletes CLS KU - 16 years. The type of research taken is quantitative research, with descriptive methods. Data analysis techniques used are test and measurement techniques. The tests include dribble test, passing, shooting.

The implementation of the study was carried out in the CLS with a population of all athletes CLS KU - 16 years old which amounted to 12 people. The results of research that has been performed shows that the average dribble is owned by 11.10 seconds with the fastest time of 9.32 seconds and the lowest 13.50 seconds. The average passing ability is 20 points with the highest score of 24 points and the lowest 18 points.

The average shooting ability is 3 points, with the highest score of 6 points and the lowest one point.

Keywords: Bolabasket, Dribble, Passing, Shooting.




Published
2018-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 1984
PDF Downloads: 155