PROFIL KONDISI FISIK DAN PROGRAM LATIHAN BOLAVOLI PANTAI PUTRA SMANOR SIDOARJO

  • DIAN SETYO WIBOWO
  • HARI SETIJONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah profil kondisi fisik dan program latihan bolavoli pantai putra SMANOR Sidoarjo yang melakukan tes fisik di Laboratorium olahraga ACHILLES (SSFC) Sport Science and Fitness Center UNESA. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.

Kondisi fisik merupakan aspek penting dalam olahraga prestasi, halini tidak lepas dari permainan bolavoli yang didalamnya terdapat unsur teknik, taktik, mental, dankondisifisik yang baik. Seorang pemain bolavoli pantai dituntut untuk pintar dalam membangun sebuah serangan ke daerah lawan. Pemain bolavoli pantai harus mempunyai kondisi fisik yang baik karna mereka lebih sering berlari ke sana ke mari untuk mempertahankan bola agar tidak jatuh didaerahnya sendiri, oleh karena itu pemain bolavoli pantai harus mempunyai kondisi fisik yang baik.

Dari hasil tes fisik pemain bolavoli pantai putra SMANOR Sidoarjo yang telah dilakukan di Laboratorium olahraga ACHILLES (SSFC) Sport Science and Fitness Center UNESA. Dapat ditarik kesimpulan dari 5 item tes kemudian hasil tes tersebut akan dijabarkan berdasarkan komponen kondisi fisik yaitu Kekuatan terdirir dari tes Vertical Jump diperoleh kategori Baik sekali, dan Leg Strength diperoleh kategori kurang, Sit Up 60 detik diperoleh kategori Baik Sekali. Daya Tahan terdiri dari tes VO2Max diperoleh kategori kurang. Kelentukan terdiri dari tes Fleksibilatas Togok diperoleh kategori Baik sekali. Kesimpulan bolavoli pantai putra SMANOR Sidoarjo memiliki program latihan yang baik, ini terbukti adanya program latihan tahunan, bulanan, mingguan dan harian, dilengkapi program latihan tahunan dengan siklus pemuncakan prestasi. Kondisi fisik altil bolavoli pantai putra SMANOR Sidoarjo pada beberapa aspek mendapatkan katagori kurang yaitu VO2Max dan Leg Strength, selebihnya mendapatkan katagori baik sekali.

Kata kunci : kondisi fisik, pemain bolavoli pantai putra SMANOR Sidoarjo.





Published
2018-08-27
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 283