Pengaruh Latihan Overhead Tricep Extension Resistance Band dan Overhead Tricep Extension Dumbell Terhadap Power Lengan

  • SAMROTUL JANNAH
  • MOCHAMAD PURNOMO

Abstract

ABSTRAK

Power merupakan salah satu komponen kondisi fisik yang sangat penting untuk menunjang kekuatan dan kecepatan dalam cabang olahraga karena power merupakan kemampuan otot untuk mengeluaran kekuatan maksimal dalam waktu yang sangat singkat. Ketika seseorang memiliki kekuatan dan kecepatan yang baik maka kemungkinan besar akan memiliki power yang baik pula. Untuk mendapatkan power yang lebih baik dapat ditingkatkan dengan cara latihan yang terstruktur, terprogram dan disiplin.

Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban dari rumusan masalah, yaitu berapa persentase pengaruh latihan overhead tricep extension resistance band terhadap power lengan, berapa persentase latihan overhead tricep extension dumbell terhdap power lengan, latihan manakah yang lebih baik antara latihan overhead tricep extension resistance band dan latihan overhead tricep extension dumbell terhadap power lengan.

Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pendekatan dalam penelitian ini adalah none equivalent (pretest and post-test) control group design. Sasaran penelitian sebanyak 30 siswa SMK YAPALIS Krian yang dibagi menjadi 2 kelompok dengan menggunakan teknik ordinal pairing dalam pembagian kelompoknya. Teknik pengumpulan data menggunakan two hand medicine ball put untuk mengetahui power lengan dari setiap masing-masing siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok latihan overhead tricep extension resistance band terdapat peningkatan yang dapat dilihat pada persentase peningkatan sebesar 27,4% dan kelompok latihan overhead tricep extension dumbell juga terdapat peningkatan 10,9%. Dari uji t didapatkan nilai signifikansi 0,016 yang artinya terdapat perbedaan pengaruh latihan overhead tricep extension resistance band dan latihan overhead tricep extension dumbel. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa latihan overhead tricep extension resistance band lebih baik dibandingkan latihan overhead tricep extension dumbell terhadap power lengan.

Kata kunci : pengaruh, latihan overhead tricep extension resistance band, latihan overhead tricep extension dumbell, power lengan

Published
2018-11-29
Section
Articles
Abstract Views: 386
PDF Downloads: 572